Makalah E-Commerce Bukalapak Kelompok 6
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“Studi Kasus E-Commerce Bukalapak”
Don Haidy Abel, ST., MBA&E
Nama Kelompok:
Edo Purwo Kusuma (201610325253)
Firly Elshyfa Litania (201610325279)
Indah Afri Lestari (201610325257)
Shintia Flovianty S (201610325238)
Trisha Istiqomah R (201610325275)
Kelas : 4-A4
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
KATA PENGANTAR
Puji
dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat
rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat
waktu. Makalah yang berjudul “Studi Kasus E-Commerce Bukalapak”
dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
Makalah
ini tidak hanya ditujukan kepada kalangan akademisi tetapi juga ditujukan
masyarakat luas khususnya di dalam dunia kerja. Dalam kesempatan ini Penulis juga ingin mengucapkan
banyak terima kasih kepada Dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi
Manajemen Yang Terhormat.
Apabila
dalam pembuatan makalah ini belum lengkap, mohon dimaafkan. Karena Penulis
adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Semoga makalah ini mampu
menambahkan pengetahuan, khususnya bagi Penulis sebagai penyusun dan umumnya
bagi pembaca.
Bekasi,
27 Mei 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................................. i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang ........................................................................................................... 1
1.2.
Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
1.3. Tujuan
dan Manfaat .................................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian
Electronic Commerce................................................................................ 3
2.2.
Sejarah Bukalapak....................................................................................................... 4
2.3.
Strategi Bukalapak...................................................................................................... 5
2.4.
Keuntungan dari Bukalapak......................................................................................... 5
2.5.
Menganalisa fitur – fitur pada situs penjualan
bukalapak.com..................................... 6
2.6.
Memahami kelebihan dan kekurangan dari situs penjualan
bukalapak.com................ 7
2.7. Klasifikasi
Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien.................................................. 10
BAB
III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
................................................................................................................ 14
DAFTAR
PUSTAKA .............................................................................................................. 16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia
maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan
individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang
sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh
komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak
kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak
dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat
tumbuh.
Mobilitas
manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa
dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah
tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk
menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal
dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di
muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil
berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan
bagaimana e-commerce tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu Electronic Commerce ?
2. Sejarah Bukalapak
3. Bagaimana Strategi Bukalapak ?
4. Keuntungan dari Bukalapak
5. Menganalisa fitur – fitur pada situs penjualan
bukalapak.com
6. Memahami kelebihan dan kekurangan dari situs penjualan
bukalapak.com
7. Bagaimana Klasifikasi Bukalapak berdasarkan
Klasifikasi Obrien ?
1.3 Tujuan Pembuatan Makalah
1. Untuk Memahami Pengertian dari Electronic Commerce
2. Untuk Memahami Sejarah Bukalapak
3. Untuk Memahami Strategi dari Bukalapak
4. Untuk Memahami Keuntungan dari Bukalapak
5. Untuk
Memahami fitur-fitur pada situs penjualan Bukalapak
6. Untuk Memahami Kelebihan dan Kekurangan dari situs
penjualan Bukalapak
7. Untuk Memahami Klasifikasi Bukalapak berdasarkan
Klasifikasi Obrien
BAB II
ISI
2.1
Electronic Commerce
Laudon dan Traver (2017:50)
menyatakan bahwa Electronic Business (e-business) adalah definisi e-commerce
yang lebih luas mencakup lebih dari sekedar jual beli barang dan jasa.
E-business mencakup pelayanan pelanggan, kolaborasi antara partner bisnis dan
penggunaan transaksi elektronik di dalam sebuah organisasi.
E-business menggunakan
Information and Communication Technology (ICT) hanya untuk satu jenis bisnis
yang memiliki banyak proses dalam suatu organisasi bisnis. Ada tiga proses
utama dalam e-business yaitu production processes, customer focused processes
dan internal management processes.
Berbeda halnya dengan e-commerce
dimana ICT digunakan antar transaksi bisnis atau organisasi dan dalam transaksi
bisnis kepada konsumen. Transaksi jual-beli melalui media online baik itu
produk maupun jasa. Transaksi ini menggunakan sistem elektronik seperti
internet dan berbagai jaringan komputer lainnya.
Menurut Kotler dan Keller
(2012:439) e-commerce merupakan media pemasaran yang menggunakan website untuk
bertransaksi atau memfasilitasi suatu penjualan produk secara online. Dalam
Mohapatra (2013:8) definisi dari e-commerce modern adalah suatu aktifitas
transaksi yang menggunakan media elektronik world wide web (www) dalam setiap
siklus transaksinya. Sedangkan menurut Laudon (2012:373) e-commerce adalah
mengenai transaksi perdagangan yang memungkinkan melalui media Internet maupun
Jaringan diantara organisasi dan individu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
e-commerce merupakan media pemasaran elektronik menggunakan jaringan internet
yang dapat menciptakan terjadinya suatu transaksi antara organisasi maupun
individu.
Perkembangan teknologi ini
membawa masyarakat menuju suatu era baru yang dinamakan Techno Class Community,
Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:350) komunitas ini merupakan suatu kelas
sosial dalam masyarakat dimana orang-orang mulai ketergantungan dengan
teknologi, dan bila tidak biasa dalam memanfaatkan hal ini maka akan disebut
orang yang ketinggalan teknologi. Para pendidik, pemimpin perusahaan dan
pejabat pemerintah telah memperingatkan bahwa ketidakmampuan dalam menggunakan
teknologi ini secara memadai akan berdampak negatif terhadap gaya hidup dan
kualitas hidup mereka.
Para konsumen di seluruh dunia
mempercayai bahwa memperoleh pengertian fungsional mengenai teknologi komputer
dan internet sudah mendesak sekali untuk menjamin agar mereka tidak tersingkir
atau merintangi diri mereka secara sosial atau profesional. Mereka yang tidak
mempunyai keterampilan komputer yang diperlukan akan semakin merasa diri mereka
“ketinggalan” dan “tidak berguna”.
Jumlah transaksi yang terjadi
melalui online ini tumbuh sangat cepat. Sekarang ini jenis transaksi bisnis
yang telah menggunakan cara ini seperti pengiriman uang, supply chain
management, Internet marketing, online transaction processing, Electronic Data
Interchange, inventory management systems, dan automated data collection
systems.
Setiap pembayaran yang
menggunakan kartu debit atau kredit dapat dikatakan sebagai bagian dari
definisi e-commerce. Bahkan Setiap transaksi yang menggunakan transportasi
menggunakan jasa logistik, yang menggunakan pengiriman uang melalui portal
online dikatakan sebagai e-commerce.
Proses jual beli tradisional
membutuhkan produk fisik dan jasa. Ini berarti pembeli harus melihat fisik
barang di dalam toko untuk dapat membeli barang. Akan tetapi dengan ecommerce
model bisnis tersebut telah berubah.
2.2 Sejarah Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu
pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT.
Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model
bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari
konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani
calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.
Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik
baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,
perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer,
tablet,perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh Achmad
Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang
berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan
Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin
oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono
sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Setelah berdiri kurang lebih
setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan
gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di
tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang
dipimpin oleh Kuan Hsu.
Pada bulan Maret 2014, Bukalapak
mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak
berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak
pun meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan
mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk
mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya
melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan Oktober 2016,
aplikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 5 juta kali dan masuk dalam
100 Aplikasi Gratis terpopuler di Google Play
Bukalapak memiliki program untuk
memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual
beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat
mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus
memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak
mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan
toko offline tersebut.
2.3 Strategi
Bukalapak
Dengan dua juta kunjungan setiap
harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di
Indonesia. Bukalapak juga mengklaim kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki
adalah yang terbanyak di antara e-commerce lainnya tanah air.
Menurut Muhamad Fajrin Rasyid,
Co-Founder sekaligus CFO dari Bukalapak, dalam acara Decode Jakarta Maret 2016
Inilah empat strategi utama mereka :
1. Promosi sebanyak mungkin
2. Fokus pada perangkat mobile
3. Analisis Kebisaan Pelanggan
4. Offline Gathering
2.4 Profit
(Keuntungan) Bukalapak
Bukalapak mendapatkan profit
(keuntungan) dari :
1.
Fitur-fitur
premium yang disediakan Bukalapak. Contoh : fitur Promote to Top
2.
Selisih
dari 3 angka unik di total pembayaran melalui transfer. Contoh : jika total
bayar sebenarnya adalah Rp. 500.000 diberikan 3 angka unik di belakangnya
menjadi Rp. 500.779. Jika dalam 1 hari ada 100.000 tranksaksi, maka estimasi
selisih yang didapatkan oleh Bukalapak adalah Rp. 77.900.000/hari
·
Cara
Berbelanja di Bukalapak
1. Cari Barang - Pembeli mencari barang
2. Klik Beli -
Pilih barang yang dinginkan kemudian klik Beli
3. Shopping Review
4. Pembayaran
5. Pembeli melengkapi alamat pemesanan barang - Pembeli
dapat melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak melalui BukaDompet, Mandiri
ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks ,KartuVisa/Mastercard atau Transfer.
6. Pembeli Menerima Baran
7. Konfirmasi terima barang - Pembeli mengkonfirmasi
menerima barang
·
Cara
Berjualan di Bukalapak
1. Jual Barang - Penjual bisa menjual barang dengan harga
yang diinginkan
2. Kelola Transaksi - Penjual dapat mengelola dan
memantau transaksi secara langsung pada halaman Transaksi. Setiap transaksi memiliki
5 status : Menunggu, Dibayar, Dikirim, Diterima, dan Selesai
3. Pengiriman Barang - Penjual akan menerima e-mail,
notifikasi, dan sms setiap pembeli berhasil melakukan pembayaran. Pada tahap
ini status transaksi adalah Dibayar. penjual dapat mengemas barang daganganmu
lalu mengirimkannya (melalui kurir, dll)
4. Terima uang dan
Feedback - Penjual akan menerima uang pembayaran dan feedback setelah pembeli
menerima barang.
2.5 Fitur
umum yang ada pada situs Bukalapak.com diantaranya :
1. Registrasi
Untuk pengguna yang ingin mendaftarkan diri di
Bukalapak, setelah mendaftar diperlukan validasi melalui email.
2. Login
Untuk login pengguna yang sudah mendaftarkan diri
sebelumnya.
3. Kategori Produk
menampilkan kategori produk yang dijual, dalam
kategori juga terdapat sub-kategori, untuk memudahkan pengguna mencari barang
yang diinginkan.
4. Premium Account
Fitur berbayar
ini menawarkan fasilitas lebih untuk mengetahui statistik penjualan
hingga melihat tren pasar yang tepat untuk meningkatkan transaksi penjualan
pengguna.
5. Komunitas
Forum komunitas pengguna bukalapak.
6. Blog
Blog Bukalapak yang berisi pengumuman Bukalapak,
promo, serta tips-tips dari Bukalapak
7. Buka Bantuan
Halaman panduan untuk pengguna Bukalapak, berisi FAQ
(Frequently Asked Questions) sampai fitur-fitur yang ada di Bukalapak.
8. Keranjang Belanja
Untuk melihat barang apa saja yang sudah diklik beli.
9. Pesan
Fitur pesan, bisa digunakan oleh pembeli untuk
berkomunikasi dengan penjual.
10. Transaksi
Data transaksi pengguna.
11. Jual Barang
Untuk pengguna yang ingin membuka lapak.
12. My Lapak
My lapak adalah fitur untuk pengguna yang memiliki
lapak (penjual) berisi ringkasan akun, data lapak, data transaksi dll.
13. PromotePush
Untuk mempromosikan lapak, fitur ini fungsinya mirip
dengan teknik sundul di Kaskus.
14. Feedback
Umpan balik dari pembeli, semakin baik rating yang
diberikan semakin baik reputasi penjual.
15. Beli Pulsa dan Paket Data
Buka Lapak melayani pembelian pulsa dan paket paket
data, cukup memasukan nomor telepon dan nominal, peserta bisa mendapatkan pulsa
setelah melakukan pembayaran.
16. Buka Dompet
Saldo khusus untuk di Bukalapak,bisa top up dan bisa
dicairkan sewaktu-waktu.
2.6 Kelebihan
dan Kekurangan Situs Bukalapak.com
Kelebihan dan kekurangan yang ada
pada situs penjualan Bukalapak.com diantaranya:
o
Kelebihan
Berjualan di Bukalapak Untuk Penjual :
1.
Notifikasi
SMS setiap ada pesanan
Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual
bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang
tidak serius.
2. Feedback positif setiap transaksi sukses
Penjual akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem
walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
3. Kepastian menerima uang pembayaran
Penjual langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi
penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
4. Prioritas di mesin pencarian
Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO(Search Engine
Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan
lainnya.
5. Perhitungan ongkos kirim otomatis
Penjual tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan
otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli.
6. Edukasi Kewirausahaan Online
Bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan
pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online.
o
Kelebihan
Belanja di Bukalapak Untuk Pembeli :
1.
Jaminan
Aman Berkat Payment System
Payment System adalah metode transaksi mirip rekening bersama
tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang
sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat
dikembalikan 100%.
Keunggulan Payment System Bukalapak.com dibanding
rekening bersama tradisional:
·
Lebih
cepat – karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi penjual
untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual
beli.
·
Notifikasi
SMS – tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS
dari sistem Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
·
E-banking
– tak seperti rekening bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak.com
pembeli dapat membayar lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri Clickpay.
·
Tercatat
sistem – proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil
kemungkinan ada kesalahan yang dapat dilakukan manusia.
·
Otomatis
refund – sistem otomatis deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika
dalam 3 hari penjual tidak mengirim barang.
·
Feedback
positif – penjual tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi
dari pembeli, jadi tidak perlu meminta-minta pembeli untuk beri
feedback/rekomendasi.
·
Tim
Customer Service – walau transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki
tim Customer Service yang sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham
cara bertransaksi dengan Payment System Bukalapak.com
2.
Promo
di waktu tertentu dari Bukalapak
Bukalapak sering menghadirkan promo pada waktu tertentu, promo tersebut
biasanya adalah promo bebas ongkos kirim untuk periode tertentu, promo
cashback, diskon jika menggunakan metode pembayaran tertentu, dan diskon untuk
kategori-kategori tertentu.
3.
Validasi
otomatis setelah pembayaran
Dengan 3 kode unik dalam 3 digit terakhir total pembayaran yang
diberikan secara random, pembayaran bisa tervalidasi secara otomatis dalam
waktu singkat.
4. Beragam metode pembayaran dan Pengiriman
Bukalapak menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari Transfer
Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI), Kartu Kredit berlogo VISA dan Mastercards,
Transfer via ATM, BCA Klikpay, Mandiri clikpay, CIMB Clicks, Mandiri e-cash,
pembayaran melalui jaringan minimarker Alfamart, Indomart, Lawson. Didukung
oleh ekspedisi pengiriman seperti JNE, TIKI, SICEPAT, POS Indonesia, RPX,
Wahana dan GO-Send (pilihan ekspedisi tergantung dari yang disediakan oleh
penjual).
5.
Fasilitas
cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit untuk Produk pilihan tertentu.
o
Kekurangan
:
1. Jika dibandingkan Pesaing sejenis, Bukalapak kurang
gencar memberikan promo kepada pelanggan
2. Hanya menjual pulsa dan paket data, sedangkan pesaing
sudah menyediakan pembelian token PLN, pembayaran tagihan listrik, Tiket Kereta
dan Iuran BPJS.
3. Barang yang dijual tidak terjamin keaslian merknya.
4. Promo gratis ongkos kirim bisa dimanfaatkan penjual
nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya sendiri dengan akun
lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.
Adapun prestasi yang telah diraih
situs ini, antara lain :
§
Pertumbuhan
yang stabil
§
Peringkat
ke-9 situs paling sering dikunjungi di Indonesia.
§
Memfasilitasi
rata-rata total transaksi perhari senilai 8 Miliar Rupiah.
§
Peringkat
70 aplikasi gratisan teratas di Googleplay dan peringkat 7 untuk kategori
belanja.
§
Menurut
Riset Asia Nikkei, rataan kunjungan per bulan ke situs web Bukalapak mencapai
2,76 juta.
§
Nilai
valuasi perusahaan mencapai 3 Triliun Rupiah
2.7 Klasifikasi
Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien
a)
Operating
Support System
1.
Transaction
Processing System
Transaction Process System adalah sistem informasi yang mengatur segala
bentuk proses transaksi antara pemilik perusahaan dengan target konsumen.
Biasanya, dalam sebuah perusahaan, digunakan customer support atau kasir atau
karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut.
Transaction Process pada website
BUKALAPAK adalah yang berinteraksi langsung dengan penggunanya, baik penjual
maupun pembeli. Selain itu proses dalam pengiriman produk dari penjual menuju
konsumen diatur dalam sistem informasi transaksi.
2.
Process
Control System
Process Control System adalah peralatan /sistem informasi yang menunjang
supervisory control dan akusisi data, programmable logic controller, dan
distributed control system yang dapat mengumpulkan dan mengirim data seiring
proses produksi.
Dalam BUKALAPAK, salah satu hal
yang menjadi sebuah process control adalah bagaimana barang yang ingin
diinputkan oleh penjual harus memiliki spesifikasi-spesifikasi tertentu
sehingga apabila spesifikasi yang diminta tidak diinputkan maka sistem akan
menolak entry untuk barang tersebut.
3.
Enterprise
Collaboration System
Enterprise Collaboration System adalah sistem komunikasi antar karyawan
dalam sebuah perusahaan yang menunjang kolaborasi platform, enterprise social
networking tools, intranet korporal, dan Internet publik.
Dalam BUKALAPAK, hubungan
tersebut dapat terjalin dengan menggunakan Customer Service sebagai bentuk
layanan antara user dengan penjual.
b)
Management
Support System
1. Management Information System
Management Information System adalah sistem informasi yang menyediakan
review / laporan detail kepada pihak manajemen. Laporan ini berguna untuk
efisiensi dalam Transaction Process System.
Laporan yang dimaksud dalam perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data
traffic maupun berapa banyak pembeli dan lain-lain.
2. Decision Support System
Decision Support System adalah aplikasi suatu program yang menganalisa
data bisnis dan menyajikan data data tersebut sehingga user bisa membuat sebuah
keputusan bisnis.
Analisis Decision Support System pada BUKALAPAK menggunakan data khusus
yang didapatkan dari pengumpulan data berupa traffic transaksi yang ada
sebelumnya untuk memberikan saran keputusan berupa ekspansi usaha maupun
menambahkan fitur.
3. Executive Information System
Executive Information System adalah tipe dari sebuah Sistem Informasi
Management yang memfasilitasi dan mendukung informasi bagi senior eksekutif dan
penunjang materi dalam sebuah pengambilan keputusan.
Sistem yang dimaksud dalam perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data
traffic untuk pertimbangan pengambilan pimpinan BUKALAPAK.
c)
Specialized
Processing System
1. Expert System
Expert System adalah sistem komputer yang menyerupai kemampuan
pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para ahli.
Sistem yang dimaksud dalam
perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data traffic untuk pertimbangan
pengambilan pimpinan BUKALAPAK.
2. Knowledge Management System
Knowledge Management System adalah sistem informasi yang mengaplikasikan
dan menggunakan prinsip knowledge management. Dengan kata lain, Knowledge
Management System menggunakan seluruh pengetahuan bisnis yang ada sebagai
penunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan.
Dalam BUKALAPAK terdapat ahli
dalam bisnis yang akan menunjang kegiatan bisnis perusahaan.
3. Strategic Information System
Strategic Information System adalah sebuah sistem informasi yang
berfokus pada strategic management dan isu-isu bisnis dan organisasi internal.
Terdapat para ahli yang mengurus
isu-isu bisnis dan internal perusahaan BUKALAPAK.
4. Functional Business System
Functional Business System adalah macam-macam dari sistem informasi yang
menunjang fungsi bisnis dalam bidang akuntansi, finansial, marketing, operation
management, dan pengelolaan sumber daya manusianya.
Dalam BUKALAPAK pasti terdapat
macam-macam sistem informasi untuk menunjang semua elemen yang membuat bisnis
perusahaan berjalan.
Klasifikasi sistem informasi
Bukalapak ke dalam Piramida Pengguna
a. Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang
dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis
rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level
organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan
eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakanoleh
manajer. Sistem ini bekerja pada level operasional. Input pada level ini adalah
transaksi dan kejadian. Proses dalam sistem ini meliputi pengurutan data,
melihat data, memperbaharui data. Sedangkan outputnya adalah laporan yang
detail, daftar lengkap, dan ringkasan.
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk TPS antara
lain:
·
Marketing
·
Content
·
Design
·
HRD
·
Finance
·
Quality
Control
·
Customer
Service
b. Management Information Systems (MIS)
MIS mendukung spektrum tugas-tugas organisasi yang
lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. MIS
menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat
membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi
(basis data).
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk MIS yaitu
Direktur Bagian.
c. Decision Support Systems (DSS)
DSS hampir sama dengan MIS karena sama-sama
menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari MIS karena
menekankan pada fungsi pendukung pembuat keputusan di seluruh tahap-tahapnya,
meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
Jenis-jenis DSS menurut tingkat kerumitan dan tingkat
dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
·
Mengambil
elemen-elemen informasi
·
Menganalisis
seluruh file
·
Menyiapkan
laporan dari berbagai file
·
Memperkirakan
dari akibat keputusan
·
Mengusulkan
keputusan
·
Membuat
keputusan
Pada studi kasus Bukalapak, yang
termasuk DSS yaitu Direktur Utama.
d. Executive Information Systems (EIS)
EIS adalah sistem terkomputerisasi yang menyediakan
akses bagi eksekutif secara mudah ke informasi internal dan eksternal yang
relevan dengan faktor penentu keberhasilan.
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk EIS yaitu
Komisaris Umum.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Laudon dan Traver (2017:50)
menyatakan bahwa Electronic Business (e-business) adalah definisi e-commerce
yang lebih luas mencakup lebih dari sekedar jual beli barang dan jasa.
E-business mencakup pelayanan pelanggan, kolaborasi antara partner bisnis dan
penggunaan transaksi elektronik di dalam sebuah organisasi.
Menurut Kotler dan Keller
(2012:439) e-commerce merupakan media pemasaran yang menggunakan website untuk
bertransaksi atau memfasilitasi suatu penjualan produk secara online. Dalam
Mohapatra (2013:8) definisi dari e-commerce modern adalah suatu aktifitas
transaksi yang menggunakan media elektronik world wide web (www) dalam setiap
siklus transaksinya. Sedangkan menurut Laudon (2012:373) e-commerce adalah
mengenai transaksi perdagangan yang memungkinkan melalui media Internet maupun
Jaringan diantara organisasi dan individu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
e-commerce merupakan media pemasaran elektronik menggunakan jaringan internet
yang dapat menciptakan terjadinya suatu transaksi antara organisasi maupun
individu.
Perkembangan teknologi ini
membawa masyarakat menuju suatu era baru yang dinamakan Techno Class Community,
Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:350) komunitas ini merupakan suatu kelas
sosial dalam masyarakat dimana orang-orang mulai ketergantungan dengan
teknologi, dan bila tidak biasa dalam memanfaatkan hal ini maka akan disebut
orang yang ketinggalan teknologi. Para pendidik, pemimpin perusahaan dan
pejabat pemerintah telah memperingatkan bahwa ketidakmampuan dalam menggunakan
teknologi ini secara memadai akan berdampak negatif terhadap gaya hidup dan
kualitas hidup mereka.
Bukalapak merupakan salah satu
pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT.
Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual-beli online dengan model
bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari
konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani
calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak.
Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik
baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,
perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,perlengkapan
rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh Achmad
Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang
berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan
Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin
oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono
sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Bukalapak memiliki program untuk
memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual
beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat
mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus
memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan
dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline
tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
·
Laudon,
Kenneth C dan Traver, Carol Guercio. 2017. E-Commerce 2016: Business,
Technology and Society. Pearson Global edition.
·
Laudon,
Kenneth C. dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information System. Prentice
Hall. Mohapatra, Sanjay. 2013. E-commerce Strategy. Springer.
·
Nafi, Arij. “Analisis Perancangan Sistem
Informasi Bukalapak”. 27 Mei 2018. http://arijnafi.blogspot.co.id/2017/10/analisis-perancangan-sistem-informasi.html?m=1
·
Blog, GDILab. “Strategi Media Sosial
E-commerce Bukalapak”. 27 Mei 2018. https://www.google.co.id/amp/s/blog.gdilab.com/strategi-media-sosial-e-commerce-bukalapak/amp/
·
Silviando, Silvio. “Analisis Web E-commerce
Bukalapak”. 27 Mei 2018. https://silviosilviando.wordpress.com/2016/12/03/analisis-web-e-commerce-bukalapak/
KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!
BalasHapusKesaksian: Merpati Darma
Alamat: Kota Depok di Indonesia
BRI- Rp350.000.000 juta
merpatidarma@gmail.com
LENDER: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
Situs web: https://rikaandersonloancompany.com
support@rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
WhatsApp: +1(929)526-0086.
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Kantor Pelanggan Whatsapp +1(929)526-0086
WA: +6285854125084
Nama saya Merpati Darma, dari kota depok di indonesia, saya seorang muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya dan sekali lagi mengingatkan semua orang disini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, seorang permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan saya pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan hidup saya serta seluruh kehidupan keluarga saya telah berubah secara finansial.
Saya sekarang mempunyai usaha sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan saya yang mendesak untuk mendapatkan pinjaman, saya tertipu oleh perusahaan pinjaman.
Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya mengecek blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti polis perusahaan saya juga menghubungi Farah Agungs di email farahagungs@gmail.com, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.
Maka saya mendorong rekan-rekan Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali ( mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com
Halo semuanya.
BalasHapusNama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6/6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman Rika Anderson di facebook dan blog
.
Saya memutuskan untuk mendaftar di bawah rekomendasi dan kesaksian mereka dari Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di saya Rekening MAYBANK dengan jumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.
Ini adalah berita yang sangat bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan saya dan biaya sekolah anak-anak saya. Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa takut untuk mengajukan melalui mereka
Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
rikaandersonloancompany@gmail.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Whatsapp: +1(929)526-0086
WA saya: +6285854125084
Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji ibu Rika juga membawa pelanggan serius yang membutuhkan pinjaman sehingga mereka bisa bahagia.
Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut di
email: yuuu.annisa@gmail.com
Negara: Indonesia
Kota: Jakarta
Jumlah: Rp650 Juta
Nama saya ny. Margaretha Asmara, dari Desa Sungai Bulan RT014/RW08 Sungai Raya Sungai Bulan, Ambon di Indonesia, Saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media untuk mengingatkan semua orang untuk mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan penipu karena mereka ada di mana-mana.
BalasHapusPemberi kesaksian: Margaretha Asmara
dari Ambon di Indonesia
Jumlah Pinjaman A: $40,000
REKENING BCA
margarethaasmaran@gmail.com
Whatsapp saya: +6285964126496
Bulan lalu, saya menderita kerugian finansial, dan karena kebutuhan saya akan modal usaha, putus asa dan kemiskinan, saya ditipu oleh rentenir online palsu. Saya tidak menyerah dan teman saya Zulaikha Yugesh melalui email zulaikhayugesh@gmail.com dan Elok Cahyono dengan email elokycahyono@gmail.com yang memberi tahu saya bagaimana mereka melihat kesaksian online tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON asli dan merujuk saya ke kreditur bernama Ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman sebesar $40,000 dalam waktu 2 jam setelah perusahaan pinjaman meminta data dan foto ktp saya dan tanpa penundaan. .
Setelah 2 jam saya mengkonfirmasinya dari rekening bank BCA saya dan petugas mengkonfirmasi pinjaman saya 2 jam setelah saya mendaftar.
Saya mendorong rekan-rekan warga yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dan menghubungi Ibu Rika Anderson melalui email:
PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
Email: support@rikaandersonloancompany.com
email: rikaandersonloancompany@gmail.com
www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
Whatsapp: +1(929)526-0086
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Itu enggak ada cara kerjanya
BalasHapusKabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddydouble334@yahoo.com