Makalah Kelompok 5
MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
DALAM PERUSAHAAN
PT.
KREASI DIGITAL SINERGI
Don
Haidy Abel,ST,MSc
Disusun
oleh : Kelompok 5
4 A4
Manajemen
1.
Annisa Virlyn ( 201610325239 )
2.
Indah Zulfiani ( 201610325335 )
3.
Nabila Puteri Salsabila ( 201610325273 )
4.
Putri Septiyani ( 201610325272 )
5.
Tri Fajar Sefiismiati ( 201610325261 )
PROGRAM STUDI
MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UBHARA JAYA - 2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, sebab karena rahmat dan nikmat-Nyalah kami dapat
menyelesaikan sebuah tugas makalah.
Pembuatan
makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dari dosen yang bersangkutan
agar memenuhi tugas yang telah ditetapkan, dan juga agar setiap mahasiswa dapat
terlatih dalam pembuatan makalah. Makalah ini berjudul “ Sistem Informasi pada
Perusahaan PT. KREASI DIGITAL SINERGI”.
Kami menyadari bahwa setiap
manusia memiliki keterbatasan, begitu pun dengan kami yang masih seorang
mahasiswa.Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih banyak sekali
kekurangan-kekurang yang ditemukan, oleh karena itu kami mengucapkan mohon maaf
yang sebesar-besarnya.Kami mangharapkan ada kritik dan saran dari para pembaca
sekalian dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.
Daftar isi
KATA PENGANTAR.......................................................................................................................... i
Daftar Isi ........................................................................................................................................ ii
PENDAHULUAN..............................................................................................................................
1
§ LATAR BELAKANG...............................................................................................................
1
§ TUJUAN..............................................................................................................................
1
PEMBAHASAN................................................................................................................................ 2
§ Landasan Teori ................................................................................................................... 2
§ Hasil Wawancara ................................................................................................................ 8
PENUTUP........................................................................................................................................ 11
§ Kesimpulan ........................................................................................................................ 11
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................................... 12
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling
terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai
seperangkat tujuan.Sistem informasi adalah kombinasi dari people, hardware,
software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang
terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan
menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem
informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai
jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi
(software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya
data). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem
informasi memberikan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis sehingga
seringkali orang menggunakan keunggulan sistem informasi yang ia gunakan
sebagai kunci strategi bisnis.
Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir
di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan
yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga
terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan.
Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan
mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil
keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan
mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu,
sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan
baik.Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak
informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data).Memahami
konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah
sistem informasi yang efektif (effective business system).Menyiapkan langkah
atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam
mendesain sistem baru.
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui
peranan sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan.
PEMBAHASAN
v Landasan
Teori
- Definisi
Dan Pengertian SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem Informasi Manajemen terdiri
dari 3 kata yaitu “Sistem”, ”Informasi”,dan "Manajemen” yang memiliki arti
sebagai berikut :
Sistem berasal dari bahasa
Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah sekumpulan kegiatan atau
elemen yang saling bekerjasama dan dihubungkan dengan cara-cara tertentu
sehingga membentuk satu kesatuan yang secara bersama- sama melaksanakan dan
mempermudah kegiatan – kegiatan utama organisasi. Dalam sistem terdapat batasan
yang disebut Batasan Sistem yaitu suatu
batasan / kondisi yang memisahkan antara
sistem dengan sekitarnya.Sehingga terbentuk suatu wilayah yang berada di
sekitar sitem itu sendiri yaitu yang dinamakan Sub-sistem dan Supra sistem.
Sub-Sistem adalah bagian - bagian atau elemen - elemen yang mendukung
tercapainya tujuan dari pada sistem dan Supra Sitem yaitu suatu lingkungan yang
dipengaruhi maupun mempengaruhi terhadap
keberadaan sistem. Secara proses terbentuknya Sistem dibedakan menjadi 2 macam,
sistem yang terbentuk secara alami dinamakan sistem alami, contoh : Manusia,
Hewan, Tumbuhan, Alam Semesta. Sedangkan sistem yang terbentuk melalui proses
buatan manusia dinamakan sistem buatan, contoh : Organisasi, Perusahaan,
Perangkat lunak, Perangkat keras, Komputer, Mobil, Setrika, dan lain – lain.
2. Tahapan Terciptanya Sistem
Tahap terciptanya
sistem yang terdiri dari tahap
perencanaan, analisis, rancangan, penerapan. dan penggunaaannya, yang
berlangsung sampai batasan waktu yang ditentukan, untuk merancang sistem itu
kembali.
·
Tahap
perencanaan
Merencanakan
pembuatan sistem yang dibutuhkan dan bisa diterima lingkungan.
·
Tahap
analisis
Melakukan penelitian
didalam memperoleh informasi tentang sistem yang dibutuhkan dan diinginkan oleh
lingkungan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau memperbarui
dengan proses pemahaman informasi.
·
Tahap
rancangan
Menyiapkan perangkat
didalam mempermudah pembuatan rancangan
sistem yang sesuai dengan informasi pada tahap analisis.
·
Tahap
penerapan
Merealisasikan
pembuatan sistem yang merupakan penggabungan antara sumber daya fisik dengan konseptual,
serta menghasilkan suatu sistem yang sesuai dengan kebutuhan.
·
Tahap
penggunaan
Pemakai menggunakan
sistem untuk memenuhi kebutuhan, dan mencapai tujuan yang telah diidentifikasi
pada tahap perencanaan.
3. Tujuan Mempelajari SIM
Memandang bahwa nilai dari
informasi amatlah berharga, oleh karena itu harus dikelola dengan baik.Sebagai
seorang wirausaha, staff manajemen atau terlebih sebagai manajer, harus dapat
menghargai dan mampu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan dan usahanya.
Ø Manajemen Informasi
Manajer menggunakan banyak
laporan atau tampilan informasi untuk mencerminkan kondisi fisik
perusahaan.Dapat dibayangkan bagaimana perusahaan yang besar hampir sepenuhnya
harus mengandalkan informasi.Para eksekutif sangat mungkin menganggap informasi
sebagai sumberdaya mereka yang paling berharga.
Jenis-Jenis Sumberdaya
Informasi:
o Manusia
o Material
o Mesin (Termasuk Fasilitas
Dan Energi)
o Uang
o Informasi (Termasuk Data)
Tugas manajer adalah
bagaimana mengelola sumberdaya ini agar dapat digunakan secara efektif.Empat
jenis sumberdaya yang pertama memiliki wujud, ada secara fisik,
dan dapat disentuh.
Sumberdaya ini disebut sumberdaya fisik. Sumberdaya yang terakhir, informasi,
memiliki nilai dari apa yang diwakilinya, bukan dari bentuknya, disebut
sumberdaya konseptual.
Ø Manajemen Sumberdaya
Sumberdaya diperoleh dan
disusun agar siap digunakan saat diperlukan.Setelah sumberdaya disusun, manajer
berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya, meminimalkan waktu yang terbuang
dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak.Akhirnya, manajer mengganti
sumberdaya ini pada saat kritis—sebelum sumberdaya tersebut menjadi tidak
efisien atau usang.
Seluruh kegiatan tersebut
yaitu memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya
disaat yang tepat disebut manajemen informasi.
Ø Keahlian Manajemen
Seorang manajer yang
berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar :
keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah.
4. Sistem Informasi Manajemen
Berdasarkan Kegiatan Manajemen
Sistem Informasi Untuk
Pengendalian Operasional. Pengendalian operasional adalah proses pemantapan
agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian
operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih
dahulu.Sebagian besar keputusan bisa diprogramkan.
Sistem Informasi Untuk
Pengendalian Manajemen. Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh
manajer departemen untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian,
merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasional, dna
mengalokasi sumber daya.
Sistem Informasi Untuk
Perencanaan Strategis. Tujuan perencanaan strategis adalah untuk mengembangkan
strategi dimana suatu organisasi akan mampu mencapai tujuannya. Horison waktu untuk
perencanaan strategis cenderung lama, sehingga perubahan mendasar dalam
organisasi bisa diadakan.
Sistem Informasi Manajemen
Berdasarkan Fungsi Organisasi. Sistem informasi manajemen dapat dianggap
sebagai suatu federasi subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan
dalam suatu organisasi. Masing-masing subsistem membutuhkan aplikasi-aplikasi
untuk membentuk semua proses informasi yang berhubungan dengan
fungsinya,walaupun akan menyangkut database, model base dan beberapa program
komputer yang biasa untuk setiap subsistem fungsional. Dalam masing-masing
subsistem fungsional, terdapat aplikasi untuk proses transaksi, pengendalian
operasional, pengendalian manajemen, dan perencanaan strategis
5. Fungsi Sistem Informasi
Manajemen
Supaya informasi yang
dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis
sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu
dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level)
manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.Berdasarkan pada
pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem
Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang
bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut
keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.Sehingga
SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data
maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.
Beberapa kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
§ Meningkatkan aksesibilitas
data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa
mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
§ Menjamin tersedianya
kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
§ Mengembangkan proses
perencanaan yang efektif.
§ Mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
§ Menetapkan investasi yang
akan diarahkan pada sistem informasi.
§ Mengantisipasi dan memahami
konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
§ Memperbaiki produktivitas
dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
§ Organisasi menggunakan
sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan
menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
§ Bank menggunakan sistem
informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening
koran dan transaksi yang terjadi.
6. PERANAN
JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN
Salah
satu fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi informasi dalam sebuah perusahaan
adalah pembentukan jaringan komunikasi antar perusahaan untuk meningkatkan
efisiennya dan efektivitas. Secara integral ada tiga jenis sistem yang
ditawarkan kepada perusahaan untuk mengimplementasikan IOS, yaitu:
a. Intranet,
jaringan internal perusahaan yang menghubungkan antar kantor pusat dan kantor
cabang yang terpisah secara geografis, baik lokal maupun regional.
b. Internet,
jaringan komputer publik yang berpotensi sebagai penghubung perusahaan dengan calon konsumen atau
pelanggan perusahaan.
c. Ekstranet,
jaringan yang dibangun sebagai alat komunikasi antar perusahaan pendukungya.
Perusahaan
yang tertarik untuk melakukan IOS, memiliki alasan populer yang mendasarinya,
yaitu:
a. Program
baru (New programme); Tujuan diadakan
kerjasama antar perusahaan adalah untuk menghasilkan produk/jasa.
b. Pelayan
baru (New service);disamping sarananya pelayanan perusahaan yang bersifat
fisik,pelayan baru juga mungkin ditawarkan oleh perusahaan yang bekerjasama.
c. Efisiensi;
alasan mengadakan kerjasama antarperusahaan.
Faktor
penentu efisiensi adalah:
a. Faktor
teknologi pelaksanaan pekerjaan.
b. Faktor
struktur organisasi yaitu susunan yang stabil dari jabatan-jabatan baik itu
struktural maupun fungsional.
c. Faktor
sumber daya manusia seperti tenaga kerja.
d. Faktor
dukungan kepada aparatur dan pelaksanaan baik pimpinan maupun masyarakat.
e. Faktor
pimpinan dalam arti kemampuan untuk mengkombinasikan keempat faktor tersebut
kedalam suatu usaha yang berdaya guna dan berhasil guna untuk mencapai sasaran
yg dimaksud.
7. TEKNOLOGI
INFORMASI SEBAGAI ASET UTAMA PERUSAHAAN
Dalam
hal ini ada tiga kunci utama yang mendukung teknologi informasi yang dapat
dijadikan aset perusahaan dalam jangka panjang :
a. Sumber
Daya Manusia, yaitu para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan
teknologi informasi pada sebuah perusahaan, sehingga para staf tersebut
benar-benar memiliki tanggung jawab terhadap pengoperasian teknologi informasi.
b. Teknologi,
Seluruh infrastruktur teknologi informasi, termasuk perangkat lunak dan
perangkat keras dipergunakan secara bersama-sama dalam proses operasional
perusahaan.
c. Relasi,
adalah hubungan teknologi informasi dengan pihak manajemen perusahaan sebagai
pengambil keputusan (decision maker).
8. Kegagalan Sistem Informasi
Perusahaan
Kegagalan sistem infomasi
perusahaan mencakup proyek yang ditinggalkan sebelum penerapan atau diterapkan
begitu gagal sehingga organisasi kembali
ke sistem infomasi yang dahulu. Ini merupakan biaya yang buruk karena
organisasi umumnya telah menginvestasikan jutaan dolar dan banyak jam kerja
dalam proyek SIM perusahaan . Namun kegagalan sistem informasi perusahaan tidak
berarti bahwa organisasi menyerah sepenuhnya .Organisasi tersebut dapat mencoba
lagi .
Organisasi dapat meminimalkan
kemungkinan kegagalan SIM perusahaan dengan mengambil langkah-langkah sebagai
berikut :
1. Mengerti kerumitan organisasi.
2. Mengenali proses yang dapat menurun nilainya
bila standarisasi dipaksakan.
3. Mencapai consensus dalam organisasi sebelum
memutuskan menerapkan system informasi
perusahaan.
9. Kemampuan Sebuah Sistem
Informasi Manajemen
Pengetahuan tentang potensi
kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang
manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan
menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
SIM secara khusus memiliki
beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif
kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah
atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat
mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer
dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan
ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang
dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting
dalam sistem komputer yaitu : pemrosesan data base, pemrosesan data tunggal,
pemrosesan on-line atau real time, komunikasi data dan switching pesan,
pemasukan data jarak jauh dan up date file, pencarian records dan analisis,
pencarian file dan algoritme dan model keputusan serta otomatisasi kantor.
v Hasil Wawancara
1.1 Apa
jenis sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan ?
Jenis sistem informasi yang digunakan
perusaahan PT Kreasi Digital Sinergi adalah menggunakan sistem informasi
eksekutif dimana sebuah sistem informasi yang dikembangkan dan juga
diimplementasikan untuk memberikan kemudahan arus informasi suatu perusahaan
kepada mereka yang berada pada level eksekutif.
Sistem informasi eksekutif sangat
penting untuk diimplementasikan karena dapat membantu memudahkan para level
eksekutif untuk dapat memantau langsung perusahaan yang mereka bawahi. Selain itu,
dengan adanya sistem informasi eksekutif yang baik, maka seluruh eksekutif
dapat membantu mensejahterakan dan juga mengembangkan perusahaan yang dimiliki
menjadi lebih baik lagi
1.2 Bagaimana
peran sistem infomasi dalam setiap aspek kegiatan ditempat perusahaan ?
·
Meningkatkan
efisiensi perusahaan
PT Kreasi Digital Sinergi adalah
perusahaan startup yang menyediakan layanan Teknologi Informasi profesional
yang berkualitas, jasa PT Kreasi Digital Sinergi usaha kecil dan menengah (UKM)
memasukkan Teknologi Informasi dan komputer sebagai solusi dalam meningkatkan
efisiensi perusahaan yang tentu saja secara tidak langsung akan meningkatkan
pendapatan perusahaan.
·
Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
PT Kreasi Digital Sinergi menyediakan
beragam layanan TI berkualitas dan profesional ke pasar bisnis kecil hingga
menengah, serta memahami bahwa bisnis membutuhkan sistem TI berkualitas dan
terencana untuk mencegah downtime.
PT Kreasi Digital Sinergi memiliki
pengalaman dan keahlian yang luas dan mendalam dalam mendukung Agen Perjalanan
Umrah Haji di Indonesia.
1.3 Apa
saja manfaat yang diterima perusahaan dengan adanya sistem informasi ?
o
Pendukung Pengambilan
Keputusan. Sebuah sistem keputusan, yaitu model dari sistem dengan mana
keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka. Sebuah sistem keputusan
tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukkan yang tidak diketahui
dari lingkungan. Dalam sistem ini pengambil keputusan dianggap mengetahui semua
perangkat alternatif dan semua akibat atau hasilnya masing-masing.
o
Pengendalian
Operasional, pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan
operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional
menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih dahulu. Sebagian
besar keputusan bisa diprogramkan.
o
Sistem Informasi
Untuk Pengendalian Manajemen. Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh
manajer departemen untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian,
merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasional, dna
mengalokasi sumber daya.
o
Sistem Informasi
Untuk Perencanaan Strategis. Tujuan perencanaan strategis adalah untuk
mengembangkan strategi dimana suatu organisasi akan mampu mencapai tujuannya.
Horison waktu untuk perencanaan strategis cenderung lama, sehingga perubahan
mendasar dalam organisasi bisa diadakan.
1.4 Apakah
perusahaan sudah cukup banyak memiliki teknisi – teknisi yang handal dalam
pemograman komputer ?
PT Kreasi Digital Sinergi cukup memiliki
teknisi – teknisi yang handal dalam bidang tertentu terutama dalam programmer
komputer yang menyediakan layanan Teknologi Informasi professional yang
berkualitas.
1.5 Mengapa
dikatakan Sistem Informasi Akuntansi sebagai bagian terbesar dari perusahaan ?
Karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai
bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi
dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling
berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data
keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses
pengambilan keputusan di bidang keuangan.
1.6 Jelaskan
bagaimana hubungan Sistem Informasi Manajemen dengan perusahaan ?
Hubungan nya menuai sinergi yaitu
serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara
rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi
lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya
dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan
utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input),
kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data,
pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya
(output).serta fungsi dari manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas
ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling
menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
1.7 Mengapa informasi menjadi
sumber daya utama bagi suatu perusahaan?
Karena, informasi ibarat darah yang mengalir di dalam
tubuh suatu perusahaan.Sehingga informasi merupakan salah satu sumber daya
utama dalam suatu perusahaan yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan
maupun mengontrol perusahaan dalam mencapai tujuan bersama dan dengan adanya
informasi maka suatu perusahaan dapat bergerak dengan baik. Informasi menjadi
sumber utama dalam mengambil keputusan (decision ) serta langkah apa yang perlu
dilakukan selanjutnya,
1.8 Jelaskan dan beri alasan
apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak
dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang
diharapkan?
Tentunya tidak akan berjalan sesuai dengan target karena
sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna. Jika semua subsistemnya berfungsi,
dan bila mana salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan
yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan tersebut.
1.9 Bagaimana pemanfaatan
internet dalam rangka kemudahan mengakses data di perusahaan ?
Ada begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dalam
mengakses ke internet . Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di
internet:
1. Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan,
rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2. Informasi untuk kehidupan
profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita
bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
PENUTUP
KESIMPULAN
Sistem
informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Sistem
informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang
manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi
kompetetif organisasi.
Sistem
informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida, dimana
lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan
status, dan sebagainya.Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi
dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari.Lapisan keriga terdiri dari
sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan
keputusan untuk pengendalian manajemen.Lapisan puncak terdiri dari sumber daya
informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat
manajemen.Sehingga bangunan piramida tersebut dapat menjadi pondasi bagi
perusahaan untuk meningkatkan sistem manajemen dalam perusaan tersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar