Makalah Kelompok 5


MAKALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN
PT. KREASI DIGITAL SINERGI

Don Haidy Abel,ST,MSc


Description: Hasil gambar untuk logo bhayangkara

Disusun oleh : Kelompok 5

4 A4 Manajemen

1.    Annisa Virlyn                              ( 201610325239 )
2.    Indah Zulfiani                             ( 201610325335 )
3.    Nabila Puteri Salsabila                         ( 201610325273 )
4.    Putri Septiyani                            ( 201610325272 )
5.    Tri Fajar Sefiismiati                    ( 201610325261 )





PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UBHARA JAYA - 2018

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, sebab karena rahmat dan nikmat-Nyalah kami dapat menyelesaikan sebuah tugas makalah.
            Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas dari dosen yang bersangkutan agar memenuhi tugas yang telah ditetapkan, dan juga agar setiap mahasiswa dapat terlatih dalam pembuatan makalah. Makalah ini berjudul “ Sistem Informasi pada Perusahaan PT. KREASI DIGITAL SINERGI”.
Kami menyadari bahwa setiap manusia memiliki keterbatasan, begitu pun dengan kami yang masih seorang mahasiswa.Dalam pembuatan makalah ini mungkin masih banyak sekali kekurangan-kekurang yang ditemukan, oleh karena itu kami mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.Kami mangharapkan ada kritik dan saran dari para pembaca sekalian dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.


Daftar isi

KATA PENGANTAR.......................................................................................................................... i
Daftar Isi ........................................................................................................................................  ii
PENDAHULUAN.............................................................................................................................. 1
§  LATAR BELAKANG............................................................................................................... 1
§  TUJUAN.............................................................................................................................. 1
PEMBAHASAN................................................................................................................................ 2
§  Landasan Teori ................................................................................................................... 2
§  Hasil Wawancara ................................................................................................................ 8
PENUTUP........................................................................................................................................ 11
§  Kesimpulan ........................................................................................................................  11
DAFTAR PUSTAKA ..........................................................................................................................  12


PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang saling terhubung dengan batasan yang jelas bekerja bersama-sama untuk mencapai seperangkat tujuan.Sistem informasi adalah kombinasi dari people, hardware, software, jaringan komunikasi, sumber-sumber data, prosedur dan kebijakan yang terorganisasi dengan baik yang dapat menyimpan, mengadakan lagi, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dalam suatu organisasi. Orang bergantung pada sistem informasi untuk berkomunikasi antara satu sama lain dengan menggunakan berbagai jenis alat fisik (hardware), perintah dan prosedur pemrosesan informasi (software), saluran komunikasi (jaringan) dan data yang disimpan (sumber daya data). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sistem informasi memberikan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis sehingga seringkali orang menggunakan keunggulan sistem informasi yang ia gunakan sebagai kunci strategi bisnis.
Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik.Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data).Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system).Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.

Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui peranan sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan.




PEMBAHASAN
v  Landasan Teori
  1. Definisi Dan Pengertian SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem Informasi Manajemen terdiri dari 3 kata yaitu “Sistem”, ”Informasi”,dan "Manajemen” yang memiliki arti sebagai berikut :
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah sekumpulan kegiatan atau elemen yang saling bekerjasama dan dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan yang secara bersama- sama melaksanakan dan mempermudah kegiatan – kegiatan utama organisasi. Dalam sistem terdapat batasan yang disebut Batasan Sistem   yaitu suatu batasan / kondisi   yang memisahkan antara sistem dengan sekitarnya.Sehingga terbentuk suatu wilayah yang berada di sekitar sitem itu sendiri yaitu yang dinamakan Sub-sistem dan Supra sistem. Sub-Sistem adalah bagian - bagian atau elemen - elemen yang mendukung tercapainya tujuan dari pada sistem dan Supra Sitem yaitu suatu lingkungan yang dipengaruhi maupun mempengaruhi  terhadap keberadaan sistem. Secara proses terbentuknya Sistem dibedakan menjadi 2 macam, sistem yang terbentuk secara alami dinamakan sistem alami, contoh : Manusia, Hewan, Tumbuhan, Alam Semesta. Sedangkan sistem yang terbentuk melalui proses buatan manusia dinamakan sistem buatan, contoh : Organisasi, Perusahaan, Perangkat lunak, Perangkat keras, Komputer, Mobil, Setrika, dan lain – lain.

2.     Tahapan Terciptanya Sistem
Tahap terciptanya sistem  yang terdiri dari tahap perencanaan, analisis, rancangan, penerapan. dan penggunaaannya, yang berlangsung sampai batasan waktu yang ditentukan, untuk merancang sistem itu kembali.
·         Tahap perencanaan
Merencanakan pembuatan sistem yang dibutuhkan dan bisa diterima lingkungan.
·         Tahap analisis
Melakukan penelitian didalam memperoleh informasi tentang sistem yang dibutuhkan dan diinginkan oleh lingkungan dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau memperbarui dengan proses pemahaman informasi.
·         Tahap rancangan
Menyiapkan perangkat didalam mempermudah  pembuatan rancangan sistem yang sesuai dengan informasi pada tahap analisis.
·         Tahap penerapan
Merealisasikan pembuatan sistem yang merupakan penggabungan antara sumber daya fisik dengan konseptual, serta menghasilkan suatu sistem yang sesuai dengan kebutuhan.
·         Tahap penggunaan
Pemakai menggunakan sistem untuk memenuhi kebutuhan, dan mencapai tujuan yang telah diidentifikasi pada tahap perencanaan.

3.      Tujuan Mempelajari SIM
Memandang bahwa nilai dari informasi amatlah berharga, oleh karena itu harus dikelola dengan baik.Sebagai seorang wirausaha, staff manajemen atau terlebih sebagai manajer, harus dapat menghargai dan mampu mengelola informasi bagi kemajuan perusahaan dan usahanya.
Ø  Manajemen Informasi
Manajer menggunakan banyak laporan atau tampilan informasi untuk mencerminkan kondisi fisik perusahaan.Dapat dibayangkan bagaimana perusahaan yang besar hampir sepenuhnya harus mengandalkan informasi.Para eksekutif sangat mungkin menganggap informasi sebagai sumberdaya mereka yang paling berharga.
Jenis-Jenis Sumberdaya Informasi:
o    Manusia
o    Material
o    Mesin (Termasuk Fasilitas Dan Energi)
o    Uang
o    Informasi (Termasuk Data)
Tugas manajer adalah bagaimana mengelola sumberdaya ini agar dapat digunakan secara efektif.Empat jenis sumberdaya yang pertama memiliki wujud, ada secara fisik,
dan dapat disentuh. Sumberdaya ini disebut sumberdaya fisik. Sumberdaya yang terakhir, informasi, memiliki nilai dari apa yang diwakilinya, bukan dari bentuknya, disebut sumberdaya konseptual.
Ø  Manajemen Sumberdaya
Sumberdaya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan.Setelah sumberdaya disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunaannya, meminimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada efisiensi puncak.Akhirnya, manajer mengganti sumberdaya ini pada saat kritis—sebelum sumberdaya tersebut menjadi tidak efisien atau usang.
Seluruh kegiatan tersebut yaitu memperoleh informasi, menggunakan seefektif mungkin, dan membuangnya disaat yang tepat disebut manajemen informasi.
Ø  Keahlian Manajemen
Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar : keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah.

4.     Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan Kegiatan Manajemen
Sistem Informasi Untuk Pengendalian Operasional. Pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih dahulu.Sebagian besar keputusan bisa diprogramkan.
Sistem Informasi Untuk Pengendalian Manajemen. Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh manajer departemen untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasional, dna mengalokasi sumber daya.
Sistem Informasi Untuk Perencanaan Strategis. Tujuan perencanaan strategis adalah untuk mengembangkan strategi dimana suatu organisasi akan mampu mencapai tujuannya. Horison waktu untuk perencanaan strategis cenderung lama, sehingga perubahan mendasar dalam organisasi bisa diadakan.
Sistem Informasi Manajemen Berdasarkan Fungsi Organisasi. Sistem informasi manajemen dapat dianggap sebagai suatu federasi subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam suatu organisasi. Masing-masing subsistem membutuhkan aplikasi-aplikasi untuk membentuk semua proses informasi yang berhubungan dengan fungsinya,walaupun akan menyangkut database, model base dan beberapa program komputer yang biasa untuk setiap subsistem fungsional. Dalam masing-masing subsistem fungsional, terdapat aplikasi untuk proses transaksi, pengendalian operasional, pengendalian manajemen, dan perencanaan strategis


5.     Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.Berdasarkan pada pengertian-pengertian di atas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik yang meyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.Sehingga SIM adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi. Beberapa kegunaan/fungsi sistem informasi antara lain adalah sebagai berikut:
§  Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
§  Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
§  Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
§  Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
§  Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
§  Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
§  Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
§  Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
§  Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.

6.     PERANAN JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN
Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh teknologi informasi dalam sebuah perusahaan adalah pembentukan jaringan komunikasi antar perusahaan untuk meningkatkan efisiennya dan efektivitas. Secara integral ada tiga jenis sistem yang ditawarkan kepada perusahaan untuk mengimplementasikan IOS, yaitu:
a.     Intranet, jaringan internal perusahaan yang menghubungkan antar kantor pusat dan kantor cabang yang terpisah secara geografis, baik lokal maupun regional.
b.    Internet, jaringan komputer publik yang berpotensi sebagai penghubung  perusahaan dengan calon konsumen atau pelanggan perusahaan.
c.     Ekstranet, jaringan yang dibangun sebagai alat komunikasi antar perusahaan pendukungya.
Perusahaan yang tertarik untuk melakukan IOS, memiliki alasan populer yang mendasarinya, yaitu:
a.     Program baru  (New programme); Tujuan diadakan kerjasama antar perusahaan adalah untuk menghasilkan produk/jasa.
b.    Pelayan baru (New service);disamping sarananya pelayanan perusahaan yang bersifat fisik,pelayan baru juga mungkin ditawarkan oleh perusahaan yang bekerjasama.
c.     Efisiensi; alasan mengadakan kerjasama antarperusahaan.
Faktor penentu efisiensi adalah:
a.     Faktor teknologi pelaksanaan pekerjaan.
b.    Faktor struktur organisasi yaitu susunan yang stabil dari jabatan-jabatan baik itu struktural maupun fungsional.
c.     Faktor sumber daya manusia seperti tenaga kerja.
d.    Faktor dukungan kepada aparatur dan pelaksanaan baik pimpinan maupun masyarakat.
e.     Faktor pimpinan dalam arti kemampuan untuk mengkombinasikan keempat faktor tersebut kedalam suatu usaha yang berdaya guna dan berhasil guna untuk mencapai sasaran yg dimaksud.

7.     TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI ASET UTAMA PERUSAHAAN
Dalam hal ini ada tiga kunci utama yang mendukung teknologi informasi yang dapat dijadikan aset perusahaan dalam jangka panjang :
a.     Sumber Daya Manusia, yaitu para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan teknologi informasi pada sebuah perusahaan, sehingga para staf tersebut benar-benar memiliki tanggung jawab terhadap pengoperasian teknologi informasi.
b.    Teknologi, Seluruh infrastruktur teknologi informasi, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras dipergunakan secara bersama-sama dalam proses operasional perusahaan.
c.     Relasi, adalah hubungan teknologi informasi dengan pihak manajemen perusahaan sebagai pengambil keputusan (decision maker).


8.     Kegagalan Sistem Informasi Perusahaan
            Kegagalan sistem infomasi perusahaan mencakup proyek yang ditinggalkan sebelum penerapan atau diterapkan begitu gagal sehingga organisasi kembali  ke sistem infomasi yang dahulu. Ini merupakan biaya yang buruk karena organisasi umumnya telah menginvestasikan jutaan dolar dan banyak jam kerja dalam proyek SIM perusahaan . Namun kegagalan sistem informasi perusahaan tidak berarti bahwa organisasi menyerah sepenuhnya .Organisasi tersebut dapat mencoba lagi .
            Organisasi dapat meminimalkan kemungkinan kegagalan SIM perusahaan dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
1.   Mengerti kerumitan organisasi.
2.   Mengenali proses yang dapat menurun nilainya bila standarisasi dipaksakan.
3.   Mencapai consensus dalam organisasi sebelum memutuskan menerapkan  system informasi perusahaan.

9.     Kemampuan Sebuah Sistem Informasi Manajemen
Pengetahuan tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer yaitu : pemrosesan data base, pemrosesan data tunggal, pemrosesan on-line atau real time, komunikasi data dan switching pesan, pemasukan data jarak jauh dan up date file, pencarian records dan analisis, pencarian file dan algoritme dan model keputusan serta otomatisasi kantor.



v  Hasil Wawancara

1.1  Apa jenis sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan ?

Jenis sistem informasi yang digunakan perusaahan PT Kreasi Digital Sinergi adalah menggunakan sistem informasi eksekutif dimana sebuah sistem informasi yang dikembangkan dan juga diimplementasikan untuk memberikan kemudahan arus informasi suatu perusahaan kepada mereka yang berada pada level eksekutif.
Sistem informasi eksekutif sangat penting untuk diimplementasikan karena dapat membantu memudahkan para level eksekutif untuk dapat memantau langsung perusahaan yang mereka bawahi. Selain itu, dengan adanya sistem informasi eksekutif yang baik, maka seluruh eksekutif dapat membantu mensejahterakan dan juga mengembangkan perusahaan yang dimiliki menjadi lebih baik lagi

1.2  Bagaimana peran sistem infomasi dalam setiap aspek kegiatan ditempat perusahaan ?

·         Meningkatkan efisiensi perusahaan
PT Kreasi Digital Sinergi adalah perusahaan startup yang menyediakan layanan Teknologi Informasi profesional yang berkualitas, jasa PT Kreasi Digital Sinergi usaha kecil dan menengah (UKM) memasukkan Teknologi Informasi dan komputer sebagai solusi dalam meningkatkan efisiensi perusahaan yang tentu saja secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

·          Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
PT Kreasi Digital Sinergi menyediakan beragam layanan TI berkualitas dan profesional ke pasar bisnis kecil hingga menengah, serta memahami bahwa bisnis membutuhkan sistem TI berkualitas dan terencana untuk mencegah downtime.
PT Kreasi Digital Sinergi memiliki pengalaman dan keahlian yang luas dan mendalam dalam mendukung Agen Perjalanan Umrah Haji di Indonesia.


1.3  Apa saja manfaat yang diterima perusahaan dengan adanya sistem informasi ?

o    Pendukung Pengambilan Keputusan. Sebuah sistem keputusan, yaitu model dari sistem dengan mana keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka. Sebuah sistem keputusan tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukkan yang tidak diketahui dari lingkungan. Dalam sistem ini pengambil keputusan dianggap mengetahui semua perangkat alternatif dan semua akibat atau hasilnya masing-masing.
o    Pengendalian Operasional, pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang sudah ditentukan lebih dahulu. Sebagian besar keputusan bisa diprogramkan.
o    Sistem Informasi Untuk Pengendalian Manajemen. Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh manajer departemen untuk mengukur pekerjaan, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasional, dna mengalokasi sumber daya.
o    Sistem Informasi Untuk Perencanaan Strategis. Tujuan perencanaan strategis adalah untuk mengembangkan strategi dimana suatu organisasi akan mampu mencapai tujuannya. Horison waktu untuk perencanaan strategis cenderung lama, sehingga perubahan mendasar dalam organisasi bisa diadakan.

1.4  Apakah perusahaan sudah cukup banyak memiliki teknisi – teknisi yang handal dalam pemograman komputer ?

PT Kreasi Digital Sinergi cukup memiliki teknisi – teknisi yang handal dalam bidang tertentu terutama dalam programmer komputer yang menyediakan layanan Teknologi Informasi professional yang berkualitas.

1.5  Mengapa dikatakan Sistem Informasi Akuntansi sebagai bagian terbesar dari perusahaan ?

Karena Sistem Informasi Akuntansi ini berada di berbagai bidang operasional manajemen organisasi. Sehingga Sisten Informasi Akuntansi dapat juga didefinisikan sebagai kumpulan dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mengolah data keuangan menjadi informasi keuangan yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang keuangan.


1.6  Jelaskan bagaimana hubungan Sistem Informasi Manajemen dengan perusahaan ?

Hubungan nya menuai sinergi yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Kegiatan utama dari Semua sistem informasi, yaitu menerima data sebagai masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh informasi sebagai keluarannya (output).serta fungsi dari manajemen itu sendiri merupakan berbagai jenis tugas ataupun kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

1.7  Mengapa informasi menjadi sumber daya utama bagi suatu perusahaan?

Karena, informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu perusahaan.Sehingga informasi merupakan salah satu sumber daya utama dalam suatu perusahaan yang digunakan oleh manager untuk mengendalikan maupun mengontrol perusahaan dalam mencapai tujuan bersama dan dengan adanya informasi maka suatu perusahaan dapat bergerak dengan baik. Informasi menjadi sumber utama dalam mengambil keputusan (decision ) serta langkah apa yang perlu dilakukan selanjutnya,

1.8  Jelaskan dan beri alasan apabila suatu sistem memiliki 7 buah subsistem dan salah satu sistemnya tidak dapat berfungsi, apakah sistem tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan?

Tentunya tidak akan berjalan sesuai dengan target karena sebuah sistem akan berjalan dengan sempurna. Jika semua subsistemnya berfungsi, dan bila mana salah satu saja subsistem ada yang tidak berfungsi maka harapan yang akan dicapai tidak akan sesuai dengan tujuan tersebut.

1.9  Bagaimana pemanfaatan internet dalam rangka kemudahan mengakses data di perusahaan ?

Ada begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dalam mengakses ke internet . Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1.      Informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2.     Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
PENUTUP
KESIMPULAN
Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.
Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida, dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya.Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari.Lapisan keriga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen.Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.Sehingga bangunan piramida tersebut dapat menjadi pondasi bagi perusahaan untuk meningkatkan sistem manajemen dalam perusaan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah E-Commerce Tokopedia Kelompok 1

Makalah E-Commerce Bukalapak Kelompok 6