Makalah Sistem Informasi Manajemen (E-commerce) shopee kel. 2
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
Don
Haidy Abel, ST, MSc
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
M. FAJAR KURNIA (201610325252)
2.
PUTRI
AMALIA ( 201610325247)
3.
LINA
DAHLIANA (201610325284)
4.
REVI
MEILAWATI (201610325259)
5.
FRANSISKUS
PANCA PUTRA (201610325287)
Kelas : 4A-4 Manajemen
Fakultas
Ekonomi-Manajemen
UNIVERSITAS
BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
TAHUN
2018
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
................................................................... i
DAFTAR ISI
................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
...............................................................................................
1
1.2
Tujuan
............................................................................................................
1
1.3
Rumusan Masalah
..........................................................................................
1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
E-Commerce Shopee ....................................................................................
2
2.2
Kelebihan Shopee .........................................................................................
3
2.3
Kelemahan Shopee........................................................................................
4
2.4
Ancaman Shopee ..........................................................................................
4
2.5
Keuntungan Shopee ......................................................................................
4
BAB III
PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
.....................................................................................................5
I
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kami sehingga
makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini dibuat berdasarkan kebutuhan untuk
menyelesaikan tugas mata sistem informasi manajemen, Serta untuk kebutuhan kami
agar dapat lebih memahami tentang studi kasus took online shop shopee.
Penulis mengucapkan
terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah
ini sehingga makalah ini selesai tepat pada waktunya. Penulis menyadari masih
banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini karena keterbatasan
referensi.mengingat keterbatasan itu, maka kami membuka selebar-lebarnya kritik
dan saran dari Dosen Mata Kuliah sistem informasi manajemen khususnya, serta
rekan-rekan pembaca pada umumnya.
Akhir kata, semoga
makalah ini bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bekasi,
26 Maret 2018
II
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
E-commerce
merupakan suatu tindakan proses jual dan beli secara elektronik menggunakan
internet sebagai medianya. E-commerce atau lebih popular dengan jual beli
online saat ini tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Banyaknya keuntungan
dalam belanja online membuat belanja online digandrungi. Salah satu
keuntungannya adalah harga lebih murah daripada kalau kita ke tokonya secara
langsung. Di Indonesia sendiri telah banyak situs online shop seperti lazada, shopee,
buka lapak, elevania, traveloka.
E-commerce tidak hanya menjual pakaian, sepatu, ataupun barang
elektronik sekarang ini banyak yang menjual tiket kereta api, tiket pesawat
terbang, serta barang-barang lainnya.
Jenis-
jenis E-commerce :
Business to business (B2B)
Business to consumer (B2C)
Consumer to consumer (C2C)
Consumer to business (C2B)
Business to Administration (B2A)
Customer to Administration (C2A)
Online to offline (O2O)
1.2
RUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana kelebihan, kelemahan,
ancaman, dan keuntungan?
2. Bagaimana kesimpulan dari bukalapak
dan shopee?
1.3 TUJUAN
1. Mengetahui lebih jauh tentang situs
buka lapak dan shopee
2. Menganalisis kelebihan, kekuatan,
ancaman, dan keuntungan dari buka lapak dan shopee
3. Membandingkan bukalapak dan shopee
1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
E-Commerce Shopee
Aplikasi ini diklaim sebagai
aplikasi mobile marketplace pertama bagi konsumen-ke-konsumen
(C2C). Aplikasi ini merupakan wadah
belanja online yang lebih focus pada platform mobile sehingga orang lebih mudah
mencari, berbelanja, dan berjualan langsung di ponselnya saja.
Shopee sendiri telah diluncurkan secara terbatas pada awal 2015 di kawasan Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan. Platform ini menawarkan berbagai macam produk dilengkapi dengan metode pembayaran yang aman, layanan pengiriman yang terintegrasi dan fitur social yang inovatif untuk menjadikan jual beli menjadi lebih menyenangkan aman dan praktis. Selain itu, Shopee juga berkomitmen untuk mengembangkan 'jiwa' kewirausahaan bagi para penjualnya. Sebagai informasi, para pengusaha diberdayakan untuk menjadi penjual yang lebih efektif dengan menyediakan akses kepada jutaan konsumen tanpa biaya dan dapat mengelola ketersediaan barang dan hubungan dengan pelanggan lebih baik. Saat ini shopee telah diunduh lebih dari 4 juta kali dan memiliki lebih dari 600 ribu pengikut.
Shopee sendiri telah diluncurkan secara terbatas pada awal 2015 di kawasan Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan. Platform ini menawarkan berbagai macam produk dilengkapi dengan metode pembayaran yang aman, layanan pengiriman yang terintegrasi dan fitur social yang inovatif untuk menjadikan jual beli menjadi lebih menyenangkan aman dan praktis. Selain itu, Shopee juga berkomitmen untuk mengembangkan 'jiwa' kewirausahaan bagi para penjualnya. Sebagai informasi, para pengusaha diberdayakan untuk menjadi penjual yang lebih efektif dengan menyediakan akses kepada jutaan konsumen tanpa biaya dan dapat mengelola ketersediaan barang dan hubungan dengan pelanggan lebih baik. Saat ini shopee telah diunduh lebih dari 4 juta kali dan memiliki lebih dari 600 ribu pengikut.
Shopee merupakan salah satu
aplikasi marketplace online yang mulai masuk Indonesia pada akhir bulan Mei
2015 dan baru mulai beroperasi pada akhir Juni 2015. Shopee memiliki guna untuk
jual beli yang dilakukan melalui ponsel agar lebih mudah dan cepat. Shopee juga
sama dengan e-commerce lainnya yang dimana Shopee banyak sekali menawarkan
berbagai macam produk-produk seperti produk fashion sampai dengan produk untuk
kebutuhan sehari-hari.
Di dalam Shopee sangat banyak sekali fitur-fitur yang disediakan
untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi, tidak hanya fitur tetapi Shopee
juga banyak sekali menawarkan program seperti promosi gratis ongkir (ongkos
kirim).
2
Program atau promosi gratis ongkir menyebabkan Shopee banyak sekali
dikunjungi oleh para pengguna aplikasi e-commerce khususnya untuk belanja
online dikarenakan program tersebut sangatlah diminati dan meringankan biaya
pembelanjaan oleh pembeli. Dengan cara untuk mendapatkan program gratis ongkir
sangat mudah cukup dengan mengikuti syarat-syarat yang diberikan oleh pihak
Shopee ataupun dari pihak toko online shop yang bekerja sama dengan Shopee
sendiri.
Shopee merupakan salah satu e-commerce yang cukup populer digunakan.
Sejak meluncur resmi pada Desember 2015 di Indonesia, Shopee telah menghadirkan
layanan free ongkir sebagai taktik untuk bersaing dengan beberapa kompetitor
lokal seperti Tokopedia, BukaLapak, elevenia, dan MatahariMall. Setiap harinya,
Shopee rata-rata melayani lebih dari 250.000 transaksi, dengan sekitar 100.000
di antaranya berasal dari Indonesia. Di tanah air sendiri, mereka telah
berhasil menjangkau 515 kota dan menggaet ribuan pengguna aktif.
Pada tanggal 9 November 2017, marketplace jual beli online Shopee
telah meresmikan kehadiran Shopee Mall sebagai direktori belanja terbaru di
dalam platform mobile e-commerce mereka.shopee mall ini berhasil
diimplementasikan dan dapat membuat pengunjung yakin keaslian produknya.
Shopee bisa bertahan karena strategi marketing yang baik, dan
populer dikalangan remaja khususnya wanita. dan berhasilnya layanan yang
diberikan meliputi garansi barang selama tujuh hari, flash sales, dan
pengiriman gratis sama penerapan shopee mall.
2.2Kelebihan shopee
Banyaknya kategori yang disediakan
Respon website yang cepat
Tampilannya simple dan menarik
Tersedia penjelasan spesifik barang
Tersedia fitur chat dengan penjual
untuk menawar barang
Adanya pengiriman gratis tanpa
ongkos kirim
Adanya pilihan gratis ongkir
3
2.3Kelemahan
shopee
Ongkos kirim rusak di tanggung
pembeli
Untuk promo ongkos kirim gratis
syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan
Terkadang situs sulit di akses atau
bahkan lambat pada jam-jam tertentu
Tidak adanya layanan belanja dengan
cicilan (pembeli harus membayar barang secara cash)
Terkadang jika membeli dua barang di
toko yang sama ada salah satu barang yang tidak sampai pada pelanggan.
2.4Ancaman
shopee
· Dengan populernya e-commerce saat
ini,kemungkinan akan ada orang yang membuka e-commerce lainnya dengan fitur
yang lebih baik dan lebih unggul, untuk menghindari pembeli dan penjual pindah
ke online shop lain shopee harus meningkatkan fitur dan layanan yang lebih baik
lagi.
· Akses yang tidak sah oleh seseorang
terhadap data milik orang lain
· Kecurangan yang dilakukan oleh
seseorang yang identitasnya tidak di ketahui
· Pencurian data oleh orang yang tidak
bertanggung jawab
2.5Keuntungan
dan peluang shopee
Dengan meningkatkan fitur pada
shopee akan jauh lebih menarik pembeli
Peluang online shop akan meningkat
tiap tahunnya
Harga barang bisa di nego
4
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Masing-masing
online shop mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Ancaman dari beberapa
online shop sebenarnya relative sama yaitu pada masalah keamanan system,
ancaman dari hacker. Keuntungan dari situs online shop sebenarnya tidak jauh
beda dengan keuntungan e-commerce. pembeli berpindah ke shopee yang secara umum
penawaran barangnya lebih bervariasi dan menarik serta harga yang ditawarkan
juga jauh lebih murah. Setiap usaha pasti ada pesaing,dengan adanya pesaing
dapat meningkatkan kualitas dari suatu usaha tersebut.
5
Referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee_Indonesia1
- https://help.shopee.co.id/hc/id/sections/115002250908-Program-Gratis-Ongkir-Untuk-Pembeli1
- http://tekno.liputan6.com/read/2379136/shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di-indonesia
kenapa gitu om ??
BalasHapusDi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kita dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.
BalasHapusKategori Bisnis
Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrida.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
pinjaman pinjaman.
Kredit kepemilikan rumah.
KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086
Facebook: Rika Anderson Alfreda
Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
Twitter: @LoanRika
Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001