Makalah Sistem Informasi Manajemen (E-commerce) shopee kel. 2


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Don Haidy Abel, ST, MSc

Description: Description: Hasil gambar untuk logo universitas bhayangkara

NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
1.      M.  FAJAR KURNIA (201610325252)
2.      PUTRI AMALIA  ( 201610325247)
3.      LINA DAHLIANA (201610325284)
4.      REVI MEILAWATI (201610325259)
5.      FRANSISKUS PANCA PUTRA (201610325287)

Kelas : 4A-4 Manajemen
Fakultas Ekonomi-Manajemen

UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
TAHUN 2018


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................  ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang ............................................................................................... 1
1.2         Tujuan ............................................................................................................ 1
1.3         Rumusan Masalah .......................................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN
2.1         E-Commerce Shopee .................................................................................... 2
2.2         Kelebihan Shopee ......................................................................................... 3
2.3         Kelemahan Shopee........................................................................................ 4
2.4         Ancaman Shopee .......................................................................................... 4
2.5         Keuntungan Shopee ...................................................................................... 4

BAB III PENUTUPAN
3.1     Kesimpulan  .....................................................................................................5







I
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini dibuat berdasarkan kebutuhan untuk menyelesaikan tugas mata sistem informasi manajemen, Serta untuk kebutuhan kami agar dapat lebih memahami tentang studi kasus took online shop shopee.
Penulis mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini sehingga makalah ini selesai tepat pada waktunya. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam pembuatan makalah ini karena keterbatasan referensi.mengingat keterbatasan itu, maka kami membuka selebar-lebarnya kritik dan saran dari Dosen Mata Kuliah sistem informasi manajemen khususnya, serta rekan-rekan pembaca pada umumnya.
Akhir kata, semoga makalah ini bisa bermanfaat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                                            Bekasi, 26 Maret 2018









II
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

E-commerce merupakan suatu tindakan proses jual dan beli secara elektronik menggunakan internet sebagai medianya. E-commerce atau lebih popular dengan jual beli online saat ini tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Banyaknya keuntungan dalam belanja online membuat belanja online digandrungi. Salah satu keuntungannya adalah harga lebih murah daripada kalau kita ke tokonya secara langsung. Di Indonesia sendiri telah banyak situs online shop seperti lazada, shopee, buka lapak, elevania, traveloka.  E-commerce tidak hanya menjual pakaian, sepatu, ataupun barang elektronik sekarang ini banyak yang menjual tiket kereta api, tiket pesawat terbang, serta barang-barang lainnya.
Jenis- jenis E-commerce :
         Business to business (B2B)
         Business to consumer (B2C)
         Consumer to consumer (C2C)
         Consumer to business (C2B)
         Business  to Administration (B2A)
         Customer to Administration (C2A)
         Online to offline (O2O)

1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana kelebihan, kelemahan, ancaman, dan keuntungan?
2.      Bagaimana kesimpulan dari bukalapak dan shopee?

1.3 TUJUAN
1.      Mengetahui lebih jauh tentang situs buka lapak dan shopee
2.      Menganalisis kelebihan, kekuatan, ancaman, dan keuntungan dari buka lapak dan shopee
3.      Membandingkan bukalapak dan shopee

1
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 E-Commerce Shopee

Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi mobile marketplace pertama bagi konsumen-ke-konsumen (C2C).  Aplikasi ini merupakan wadah belanja online yang lebih focus pada platform mobile sehingga orang lebih mudah mencari, berbelanja, dan berjualan langsung di ponselnya saja.
Shopee sendiri telah diluncurkan secara terbatas pada awal 2015 di kawasan Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Taiwan. Platform ini menawarkan berbagai macam produk dilengkapi dengan metode pembayaran yang aman, layanan pengiriman yang terintegrasi dan fitur social yang inovatif untuk menjadikan jual beli menjadi lebih menyenangkan aman dan praktis. Selain itu, Shopee juga berkomitmen untuk mengembangkan 'jiwa' kewirausahaan bagi para penjualnya. Sebagai informasi, para pengusaha diberdayakan untuk menjadi penjual yang lebih efektif dengan menyediakan akses kepada jutaan konsumen tanpa biaya dan dapat mengelola ketersediaan barang dan hubungan dengan pelanggan lebih baik. Saat ini shopee telah diunduh lebih dari 4 juta kali dan memiliki lebih dari 600 ribu pengikut.
Shopee merupakan salah satu aplikasi marketplace online yang mulai masuk Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan baru mulai beroperasi pada akhir Juni 2015. Shopee memiliki guna untuk jual beli yang dilakukan melalui ponsel agar lebih mudah dan cepat. Shopee juga sama dengan e-commerce lainnya yang dimana Shopee banyak sekali menawarkan berbagai macam produk-produk seperti produk fashion sampai dengan produk untuk kebutuhan sehari-hari.
Di dalam Shopee sangat banyak sekali fitur-fitur yang disediakan untuk memudahkan pengguna melakukan transaksi, tidak hanya fitur tetapi Shopee juga banyak sekali menawarkan program seperti promosi gratis ongkir (ongkos kirim).


2
Program atau promosi gratis ongkir menyebabkan Shopee banyak sekali dikunjungi oleh para pengguna aplikasi e-commerce khususnya untuk belanja online dikarenakan program tersebut sangatlah diminati dan meringankan biaya pembelanjaan oleh pembeli. Dengan cara untuk mendapatkan program gratis ongkir sangat mudah cukup dengan mengikuti syarat-syarat yang diberikan oleh pihak Shopee ataupun dari pihak toko online shop yang bekerja sama dengan Shopee sendiri.
Shopee merupakan salah satu e-commerce yang cukup populer digunakan. Sejak meluncur resmi pada Desember 2015 di Indonesia, Shopee telah menghadirkan layanan free ongkir sebagai taktik untuk bersaing dengan beberapa kompetitor lokal seperti Tokopedia, BukaLapak, elevenia, dan MatahariMall. Setiap harinya, Shopee rata-rata melayani lebih dari 250.000 transaksi, dengan sekitar 100.000 di antaranya berasal dari Indonesia. Di tanah air sendiri, mereka telah berhasil menjangkau 515 kota dan menggaet ribuan pengguna aktif.
Pada tanggal 9 November 2017, marketplace jual beli online Shopee telah meresmikan kehadiran Shopee Mall sebagai direktori belanja terbaru di dalam platform mobile e-commerce mereka.shopee mall ini berhasil diimplementasikan dan dapat membuat pengunjung yakin keaslian produknya.
Shopee bisa bertahan karena strategi marketing yang baik, dan populer dikalangan remaja khususnya wanita. dan berhasilnya layanan yang diberikan meliputi garansi barang selama tujuh hari, flash sales, dan pengiriman gratis sama penerapan shopee mall.
2.2Kelebihan shopee
         Banyaknya kategori yang disediakan
         Respon website yang cepat
         Tampilannya simple dan menarik
         Tersedia penjelasan spesifik barang
         Tersedia fitur chat dengan penjual untuk menawar barang
         Adanya pengiriman gratis tanpa ongkos kirim
         Adanya pilihan gratis ongkir

3
2.3Kelemahan shopee

         Ongkos kirim rusak di tanggung pembeli
         Untuk promo ongkos kirim gratis syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan
         Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu
         Tidak adanya layanan belanja dengan cicilan (pembeli harus membayar barang secara cash)
         Terkadang jika membeli dua barang di toko yang sama ada salah satu barang yang tidak sampai  pada pelanggan.

2.4Ancaman shopee

·         Dengan populernya e-commerce saat ini,kemungkinan akan ada orang yang membuka e-commerce lainnya dengan fitur yang lebih baik dan lebih unggul, untuk menghindari pembeli dan penjual pindah ke online shop lain shopee harus meningkatkan fitur dan layanan yang lebih baik lagi.
·         Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain
·         Kecurangan yang dilakukan oleh seseorang yang identitasnya tidak di ketahui
·         Pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab

2.5Keuntungan dan peluang shopee

         Dengan meningkatkan fitur pada shopee akan jauh lebih menarik pembeli
         Peluang online shop akan meningkat tiap tahunnya
         Harga barang bisa di nego






4
BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN

Masing-masing online shop mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Ancaman dari beberapa online shop sebenarnya relative sama yaitu pada masalah keamanan system, ancaman dari hacker. Keuntungan dari situs online shop sebenarnya tidak jauh beda dengan keuntungan e-commerce. pembeli berpindah ke shopee yang secara umum penawaran barangnya lebih bervariasi dan menarik serta harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah. Setiap usaha pasti ada pesaing,dengan adanya pesaing dapat meningkatkan kualitas dari suatu usaha tersebut.

















5
Referensi:
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee_Indonesia1
  2. https://help.shopee.co.id/hc/id/sections/115002250908-Program-Gratis-Ongkir-Untuk-Pembeli1
  3. http://tekno.liputan6.com/read/2379136/shopee-aplikasi-belanja-online-c2c-meluncur-di-indonesia


Komentar

  1. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami klien dan pelamar. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kita dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    pinjaman pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:

    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012
    Obrolan Whatsapp: +1(929)526-0086

    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah E-Commerce Tokopedia Kelompok 1

Makalah E-Commerce Bukalapak Kelompok 6