Makalah E-Commerce Bukalapak Kelompok 6


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
“Studi Kasus E-Commerce Bukalapak
Don Haidy Abel, ST., MBA&E

Image result for ubhara logo 

Nama Kelompok:
Edo Purwo Kusuma     (201610325253)
Firly Elshyfa Litania     (201610325279)
Indah Afri Lestari         (201610325257)
Shintia Flovianty S       (201610325238)
Trisha Istiqomah R       (201610325275)


Kelas : 4-A4
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena berkat rahmat dan karunia-Nya Penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Makalah yang berjudul “Studi Kasus E-Commerce Bukalapak dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
Makalah ini tidak hanya ditujukan kepada kalangan akademisi tetapi juga ditujukan masyarakat luas khususnya di dalam dunia kerja. Dalam  kesempatan ini Penulis juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Yang Terhormat.
Apabila dalam pembuatan makalah ini belum lengkap, mohon dimaafkan. Karena Penulis adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Semoga makalah ini mampu menambahkan pengetahuan, khususnya bagi Penulis sebagai penyusun dan umumnya bagi pembaca.





Bekasi, 27 Mei 2018


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................. i
DAFTAR ISI ........................................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang ........................................................................................................... 1
1.2.      Rumusan Masalah....................................................................................................... 1
1.3.      Tujuan dan Manfaat .................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1.      Pengertian Electronic Commerce................................................................................ 3
2.2.      Sejarah Bukalapak....................................................................................................... 4
2.3.      Strategi Bukalapak...................................................................................................... 5
2.4.      Keuntungan dari Bukalapak......................................................................................... 5
2.5.      Menganalisa fitur – fitur pada situs penjualan bukalapak.com..................................... 6
2.6.      Memahami kelebihan dan kekurangan dari situs penjualan bukalapak.com................ 7
2.7.      Klasifikasi Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien.................................................. 10
BAB III PENUTUP
3.1.      Kesimpulan ................................................................................................................ 14
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................................. 16


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
1.     Apa itu Electronic Commerce ?
2.     Sejarah Bukalapak
3.     Bagaimana Strategi Bukalapak ?
4.     Keuntungan dari Bukalapak
5.     Menganalisa fitur – fitur pada situs penjualan bukalapak.com
6.     Memahami kelebihan dan kekurangan dari situs penjualan bukalapak.com
7.     Bagaimana Klasifikasi Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien ?






1.3 Tujuan Pembuatan Makalah
1.     Untuk Memahami Pengertian dari Electronic Commerce
2.     Untuk Memahami Sejarah Bukalapak
3.     Untuk Memahami Strategi dari Bukalapak
4.     Untuk Memahami Keuntungan dari Bukalapak
5.     Untuk Memahami fitur-fitur pada situs penjualan Bukalapak
6.     Untuk Memahami Kelebihan dan Kekurangan dari situs penjualan Bukalapak
7.     Untuk Memahami Klasifikasi Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien



















BAB II
ISI

 


2.1 Electronic Commerce
Laudon dan Traver (2017:50) menyatakan bahwa Electronic Business (e-business) adalah definisi e-commerce yang lebih luas mencakup lebih dari sekedar jual beli barang dan jasa. E-business mencakup pelayanan pelanggan, kolaborasi antara partner bisnis dan penggunaan transaksi elektronik di dalam sebuah organisasi. 
E-business menggunakan Information and Communication Technology (ICT) hanya untuk satu jenis bisnis yang memiliki banyak proses dalam suatu organisasi bisnis. Ada tiga proses utama dalam e-business yaitu production processes, customer focused processes dan internal management processes.
Berbeda halnya dengan e-commerce dimana ICT digunakan antar transaksi bisnis atau organisasi dan dalam transaksi bisnis kepada konsumen. Transaksi jual-beli melalui media online baik itu produk maupun jasa. Transaksi ini menggunakan sistem elektronik seperti internet dan berbagai jaringan komputer lainnya. 
Menurut Kotler dan Keller (2012:439) e-commerce merupakan media pemasaran yang menggunakan website untuk bertransaksi atau memfasilitasi suatu penjualan produk secara online. Dalam Mohapatra (2013:8) definisi dari e-commerce modern adalah suatu aktifitas transaksi yang menggunakan media elektronik world wide web (www) dalam setiap siklus transaksinya. Sedangkan menurut Laudon (2012:373) e-commerce adalah mengenai transaksi perdagangan yang memungkinkan melalui media Internet maupun Jaringan diantara organisasi dan individu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan media pemasaran elektronik menggunakan jaringan internet yang dapat menciptakan terjadinya suatu transaksi antara organisasi maupun individu.
Perkembangan teknologi ini membawa masyarakat menuju suatu era baru yang dinamakan Techno Class Community, Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:350) komunitas ini merupakan suatu kelas sosial dalam masyarakat dimana orang-orang mulai ketergantungan dengan teknologi, dan bila tidak biasa dalam memanfaatkan hal ini maka akan disebut orang yang ketinggalan teknologi. Para pendidik, pemimpin perusahaan dan pejabat pemerintah telah memperingatkan bahwa ketidakmampuan dalam menggunakan teknologi ini secara memadai akan berdampak negatif terhadap gaya hidup dan kualitas hidup mereka. 
Para konsumen di seluruh dunia mempercayai bahwa memperoleh pengertian fungsional mengenai teknologi komputer dan internet sudah mendesak sekali untuk menjamin agar mereka tidak tersingkir atau merintangi diri mereka secara sosial atau profesional. Mereka yang tidak mempunyai keterampilan komputer yang diperlukan akan semakin merasa diri mereka “ketinggalan” dan “tidak berguna”.
Jumlah transaksi yang terjadi melalui online ini tumbuh sangat cepat. Sekarang ini jenis transaksi bisnis yang telah menggunakan cara ini seperti pengiriman uang, supply chain management, Internet marketing, online transaction processing, Electronic Data Interchange, inventory management systems, dan automated data collection systems. 
Setiap pembayaran yang menggunakan kartu debit atau kredit dapat dikatakan sebagai bagian dari definisi e-commerce. Bahkan Setiap transaksi yang menggunakan transportasi menggunakan jasa logistik, yang menggunakan pengiriman uang melalui portal online dikatakan sebagai e-commerce. 
Proses jual beli tradisional membutuhkan produk fisik dan jasa. Ini berarti pembeli harus melihat fisik barang di dalam toko untuk dapat membeli barang. Akan tetapi dengan ecommerce model bisnis tersebut telah berubah. 

2.2 Sejarah Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang    dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.  Seperti       halnya situs    layanan jual-beli online dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa  membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,  perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara,  Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.
Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan Oktober 2016, aplikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 5 juta kali dan masuk dalam 100 Aplikasi Gratis terpopuler di Google Play
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.

2.3  Strategi Bukalapak
Dengan dua juta kunjungan setiap harinya, Bukalapak merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak juga mengklaim kalau 800 ribu penjual yang mereka miliki adalah yang terbanyak di antara e-commerce lainnya tanah air.
Menurut Muhamad Fajrin Rasyid, Co-Founder sekaligus CFO dari Bukalapak, dalam acara Decode Jakarta Maret 2016 Inilah empat strategi utama mereka :
1.     Promosi sebanyak mungkin
2.     Fokus pada perangkat mobile
3.     Analisis Kebisaan Pelanggan
4.     Offline Gathering

2.4  Profit (Keuntungan) Bukalapak
Bukalapak mendapatkan profit (keuntungan) dari :
1.      Fitur-fitur premium yang disediakan Bukalapak. Contoh : fitur Promote to Top
2.      Selisih dari 3 angka unik di total pembayaran melalui transfer. Contoh : jika total bayar sebenarnya adalah Rp. 500.000 diberikan 3 angka unik di belakangnya menjadi Rp. 500.779. Jika dalam 1 hari ada 100.000 tranksaksi, maka estimasi selisih yang didapatkan oleh Bukalapak adalah Rp. 77.900.000/hari
·       Cara Berbelanja di Bukalapak
1.     Cari Barang - Pembeli mencari barang
2.      Klik Beli - Pilih barang yang dinginkan kemudian klik Beli
3.      Shopping Review
4.     Pembayaran
5.     Pembeli melengkapi alamat pemesanan barang - Pembeli dapat melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak melalui BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks ,KartuVisa/Mastercard atau Transfer.
6.     Pembeli Menerima Baran
7.     Konfirmasi terima barang - Pembeli mengkonfirmasi menerima barang
·       Cara Berjualan di Bukalapak
1.     Jual Barang - Penjual bisa menjual barang dengan harga yang diinginkan
2.     Kelola Transaksi - Penjual dapat mengelola dan memantau transaksi secara langsung pada halaman Transaksi. Setiap transaksi memiliki 5 status : Menunggu, Dibayar, Dikirim, Diterima, dan Selesai
3.     Pengiriman Barang - Penjual akan menerima e-mail, notifikasi, dan sms setiap pembeli berhasil melakukan pembayaran. Pada tahap ini status transaksi adalah Dibayar. penjual dapat mengemas barang daganganmu lalu mengirimkannya (melalui kurir, dll)
4.      Terima uang dan Feedback - Penjual akan menerima uang pembayaran dan feedback setelah pembeli menerima barang.

2.5    Fitur umum yang ada pada situs Bukalapak.com diantaranya :
1.     Registrasi
Untuk pengguna yang ingin mendaftarkan diri di Bukalapak, setelah mendaftar diperlukan validasi melalui email.
2.     Login
Untuk login pengguna yang sudah mendaftarkan diri sebelumnya.
3.     Kategori Produk
menampilkan kategori produk yang dijual, dalam kategori juga terdapat sub-kategori, untuk memudahkan pengguna mencari barang yang diinginkan.
4.     Premium Account
Fitur berbayar  ini menawarkan fasilitas lebih untuk mengetahui statistik penjualan hingga melihat tren pasar yang tepat untuk meningkatkan transaksi penjualan pengguna.
5.     Komunitas
Forum komunitas pengguna bukalapak.
6.     Blog
Blog Bukalapak yang berisi pengumuman Bukalapak, promo, serta tips-tips dari Bukalapak
7.     Buka Bantuan
Halaman panduan untuk pengguna Bukalapak, berisi FAQ (Frequently Asked Questions) sampai fitur-fitur yang ada di Bukalapak.
8.     Keranjang Belanja
Untuk melihat barang apa saja yang sudah diklik beli.
9.     Pesan
Fitur pesan, bisa digunakan oleh pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual.
10.  Transaksi
Data transaksi pengguna.
11.  Jual Barang
Untuk pengguna yang ingin membuka lapak.
12.  My Lapak
My lapak adalah fitur untuk pengguna yang memiliki lapak (penjual) berisi ringkasan akun, data lapak, data transaksi dll.
13.  PromotePush
Untuk mempromosikan lapak, fitur ini fungsinya mirip dengan teknik sundul di Kaskus.
14.  Feedback
Umpan balik dari pembeli, semakin baik rating yang diberikan semakin baik reputasi penjual.
15.  Beli Pulsa dan Paket Data
Buka Lapak melayani pembelian pulsa dan paket paket data, cukup memasukan nomor telepon dan nominal, peserta bisa mendapatkan pulsa setelah melakukan pembayaran.
16.  Buka Dompet
Saldo khusus untuk di Bukalapak,bisa top up dan bisa dicairkan sewaktu-waktu.

2.6  Kelebihan dan Kekurangan Situs Bukalapak.com
Kelebihan dan kekurangan yang ada pada situs penjualan Bukalapak.com diantaranya:
o   Kelebihan Berjualan di Bukalapak Untuk Penjual :
1.      Notifikasi SMS setiap ada pesanan
Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.

2.     Feedback positif setiap transaksi sukses
Penjual akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
3.     Kepastian menerima uang pembayaran
Penjual langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
4.     Prioritas di mesin pencarian
Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO(Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.
5.     Perhitungan ongkos kirim otomatis
Penjual tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli.
6.     Edukasi Kewirausahaan Online
Bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online.
o   Kelebihan Belanja di Bukalapak Untuk Pembeli :
1.      Jaminan Aman Berkat Payment System
Payment System adalah metode transaksi mirip rekening bersama tradisional; penjual menerima dana pembayaran setelah pembeli terima barang sehingga jika penjual tidak mengirim barang, dana pembeli tetap aman dan dapat dikembalikan 100%.
Keunggulan Payment System Bukalapak.com dibanding rekening bersama tradisional:
·         Lebih cepat – karena pembeli dapat langsung membayar tanpa harus hubungi penjual untuk sepakat menggunakan rekening bersama seperti yang dilakukan di forum jual beli.
·         Notifikasi SMS – tiap pembeli melunasi pembayaran maka secara real-time penjual mendapat SMS dari sistem Bukalapak.com untuk segera kirim barang.
·       E-banking – tak seperti rekening bersama tradisional, lewat Payment System Bukalapak.com pembeli dapat membayar lewat transfer, BCA KlikPay atau Mandiri Clickpay.
·       Tercatat sistem – proses transaksi diatur otomatis oleh komputer sehingga kecil kemungkinan ada kesalahan yang dapat dilakukan manusia.
·       Otomatis refund – sistem otomatis deteksi dan mengembalikan(refund) dana ke pembeli jika dalam 3 hari penjual tidak mengirim barang.
·       Feedback positif – penjual tetap mendapat feedback positif jika tidak ada konfirmasi dari pembeli, jadi tidak perlu meminta-minta pembeli untuk beri feedback/rekomendasi.
·       Tim Customer Service – walau transaksi telah diatur oleh sistem, BL tetap miliki tim Customer Service yang sigap melayani pembeli dan penjual yang belum paham cara bertransaksi dengan Payment System Bukalapak.com
2.      Promo di waktu tertentu dari Bukalapak
Bukalapak sering menghadirkan promo pada waktu tertentu, promo tersebut biasanya adalah promo bebas ongkos kirim untuk periode tertentu, promo cashback, diskon jika menggunakan metode pembayaran tertentu, dan diskon untuk kategori-kategori tertentu.
3.      Validasi otomatis setelah pembayaran
Dengan 3 kode unik dalam 3 digit terakhir total pembayaran yang diberikan secara random, pembayaran bisa tervalidasi secara otomatis dalam waktu singkat.
4.     Beragam metode pembayaran dan Pengiriman
Bukalapak menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI), Kartu Kredit berlogo VISA dan Mastercards, Transfer via ATM, BCA Klikpay, Mandiri clikpay, CIMB Clicks, Mandiri e-cash, pembayaran melalui jaringan minimarker Alfamart, Indomart, Lawson. Didukung oleh ekspedisi pengiriman seperti JNE, TIKI, SICEPAT, POS Indonesia, RPX, Wahana dan GO-Send (pilihan ekspedisi tergantung dari yang disediakan oleh penjual).
5.      Fasilitas cicilan 0% dengan menggunakan kartu kredit untuk Produk pilihan tertentu.

o   Kekurangan :
1.     Jika dibandingkan Pesaing sejenis, Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan
2.     Hanya menjual pulsa dan paket data, sedangkan pesaing sudah menyediakan pembelian token PLN, pembayaran tagihan listrik, Tiket Kereta dan Iuran BPJS.
3.     Barang yang dijual tidak terjamin keaslian merknya.
4.     Promo gratis ongkos kirim bisa dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.


Adapun prestasi yang telah diraih situs ini, antara lain :
§  Pertumbuhan yang stabil
§  Peringkat ke-9 situs paling sering dikunjungi di Indonesia.
§  Memfasilitasi rata-rata total transaksi perhari senilai 8 Miliar Rupiah.
§  Peringkat 70 aplikasi gratisan teratas di Googleplay dan peringkat 7 untuk kategori belanja.
§  Menurut Riset Asia Nikkei, rataan kunjungan per bulan ke situs web Bukalapak mencapai 2,76 juta.
§  Nilai valuasi perusahaan mencapai 3 Triliun Rupiah

2.7    Klasifikasi Bukalapak berdasarkan Klasifikasi Obrien
a)          Operating Support System
1.      Transaction Processing System
Transaction Process System adalah sistem informasi yang mengatur segala bentuk proses transaksi antara pemilik perusahaan dengan target konsumen. Biasanya, dalam sebuah perusahaan, digunakan customer support atau kasir atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut.
 Transaction Process pada website BUKALAPAK adalah yang berinteraksi langsung dengan penggunanya, baik penjual maupun pembeli. Selain itu proses dalam pengiriman produk dari penjual menuju konsumen diatur dalam sistem informasi transaksi.
2.      Process Control System
Process Control System adalah peralatan /sistem informasi yang menunjang supervisory control dan akusisi data, programmable logic controller, dan distributed control system yang dapat mengumpulkan dan mengirim data seiring proses produksi.
 Dalam BUKALAPAK, salah satu hal yang menjadi sebuah process control adalah bagaimana barang yang ingin diinputkan oleh penjual harus memiliki spesifikasi-spesifikasi tertentu sehingga apabila spesifikasi yang diminta tidak diinputkan maka sistem akan menolak entry untuk barang tersebut.
3.      Enterprise Collaboration System
Enterprise Collaboration System adalah sistem komunikasi antar karyawan dalam sebuah perusahaan yang menunjang kolaborasi platform, enterprise social networking tools, intranet korporal, dan Internet publik.
 Dalam BUKALAPAK, hubungan tersebut dapat terjalin dengan menggunakan Customer Service sebagai bentuk layanan antara user dengan penjual.
b)         Management Support System
1.     Management Information System
Management Information System adalah sistem informasi yang menyediakan review / laporan detail kepada pihak manajemen. Laporan ini berguna untuk efisiensi dalam Transaction Process System.
Laporan yang dimaksud dalam perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data traffic maupun berapa banyak pembeli dan lain-lain.
2.     Decision Support System
Decision Support System adalah aplikasi suatu program yang menganalisa data bisnis dan menyajikan data data tersebut sehingga user bisa membuat sebuah keputusan bisnis.
Analisis Decision Support System pada BUKALAPAK menggunakan data khusus yang didapatkan dari pengumpulan data berupa traffic transaksi yang ada sebelumnya untuk memberikan saran keputusan berupa ekspansi usaha maupun menambahkan fitur.

3.     Executive Information System
Executive Information System adalah tipe dari sebuah Sistem Informasi Management yang memfasilitasi dan mendukung informasi bagi senior eksekutif dan penunjang materi dalam sebuah pengambilan keputusan.
Sistem yang dimaksud dalam perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data traffic untuk pertimbangan pengambilan pimpinan BUKALAPAK.
c)         Specialized Processing System
1.   Expert System
Expert System adalah sistem komputer yang menyerupai kemampuan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para ahli.
 Sistem yang dimaksud dalam perusahaan BUKALAPAK dapat berupa data-data traffic untuk pertimbangan pengambilan pimpinan BUKALAPAK.
2.   Knowledge Management System
Knowledge Management System adalah sistem informasi yang mengaplikasikan dan menggunakan prinsip knowledge management. Dengan kata lain, Knowledge Management System menggunakan seluruh pengetahuan bisnis yang ada sebagai penunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan.
 Dalam BUKALAPAK terdapat ahli dalam bisnis yang akan menunjang kegiatan bisnis perusahaan.
3.   Strategic Information System
Strategic Information System adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada strategic management dan isu-isu bisnis dan organisasi internal.
 Terdapat para ahli yang mengurus isu-isu bisnis dan internal perusahaan BUKALAPAK.
4.   Functional Business System
Functional Business System adalah macam-macam dari sistem informasi yang menunjang fungsi bisnis dalam bidang akuntansi, finansial, marketing, operation management, dan pengelolaan sumber daya manusianya.
 Dalam BUKALAPAK pasti terdapat macam-macam sistem informasi untuk menunjang semua elemen yang membuat bisnis perusahaan berjalan.
Klasifikasi sistem informasi Bukalapak ke dalam Piramida Pengguna
a.     Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS berfungsi pada level organisasi yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakanoleh manajer. Sistem ini bekerja pada level operasional. Input pada level ini adalah transaksi dan kejadian. Proses dalam sistem ini meliputi pengurutan data, melihat data, memperbaharui data. Sedangkan outputnya adalah laporan yang detail, daftar lengkap, dan ringkasan.
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk TPS antara lain:

·         Marketing
·          Content
·          Design
·         HRD
·          Finance
·         Quality Control
·         Customer Service
b.    Management Information Systems (MIS)
MIS mendukung spektrum tugas-tugas organisasi yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. MIS menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data).
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk MIS yaitu Direktur Bagian.
c.     Decision Support Systems (DSS)
DSS hampir sama dengan MIS karena sama-sama menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari MIS karena menekankan pada fungsi pendukung pembuat keputusan di seluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
Jenis-jenis DSS menurut tingkat kerumitan dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah sebagai berikut:
·         Mengambil elemen-elemen informasi
·         Menganalisis seluruh file
·         Menyiapkan laporan dari berbagai file
·         Memperkirakan dari akibat keputusan
·         Mengusulkan keputusan
·         Membuat keputusan
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk DSS yaitu Direktur Utama.
d.    Executive Information Systems (EIS)
EIS adalah sistem terkomputerisasi yang menyediakan akses bagi eksekutif secara mudah ke informasi internal dan eksternal yang relevan dengan faktor penentu keberhasilan.
Pada studi kasus Bukalapak, yang termasuk EIS yaitu Komisaris Umum.




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Laudon dan Traver (2017:50) menyatakan bahwa Electronic Business (e-business) adalah definisi e-commerce yang lebih luas mencakup lebih dari sekedar jual beli barang dan jasa. E-business mencakup pelayanan pelanggan, kolaborasi antara partner bisnis dan penggunaan transaksi elektronik di dalam sebuah organisasi. 
Menurut Kotler dan Keller (2012:439) e-commerce merupakan media pemasaran yang menggunakan website untuk bertransaksi atau memfasilitasi suatu penjualan produk secara online. Dalam Mohapatra (2013:8) definisi dari e-commerce modern adalah suatu aktifitas transaksi yang menggunakan media elektronik world wide web (www) dalam setiap siklus transaksinya. Sedangkan menurut Laudon (2012:373) e-commerce adalah mengenai transaksi perdagangan yang memungkinkan melalui media Internet maupun Jaringan diantara organisasi dan individu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan media pemasaran elektronik menggunakan jaringan internet yang dapat menciptakan terjadinya suatu transaksi antara organisasi maupun individu.
Perkembangan teknologi ini membawa masyarakat menuju suatu era baru yang dinamakan Techno Class Community, Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:350) komunitas ini merupakan suatu kelas sosial dalam masyarakat dimana orang-orang mulai ketergantungan dengan teknologi, dan bila tidak biasa dalam memanfaatkan hal ini maka akan disebut orang yang ketinggalan teknologi. Para pendidik, pemimpin perusahaan dan pejabat pemerintah telah memperingatkan bahwa ketidakmampuan dalam menggunakan teknologi ini secara memadai akan berdampak negatif terhadap gaya hidup dan kualitas hidup mereka. 
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia yang    dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak.  Seperti       halnya situs    layanan jual-beli online dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Siapa pun bisa  membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel,  perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet,perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer).
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline.Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.

















DAFTAR PUSTAKA

·         Laudon, Kenneth C dan Traver, Carol Guercio. 2017. E-Commerce 2016: Business, Technology and Society. Pearson Global edition.
·         Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. 2012. Management Information System. Prentice Hall. Mohapatra, Sanjay. 2013. E-commerce Strategy. Springer.
·         Nafi, Arij. “Analisis Perancangan Sistem Informasi Bukalapak”. 27 Mei 2018. http://arijnafi.blogspot.co.id/2017/10/analisis-perancangan-sistem-informasi.html?m=1
·         Blog, GDILab. “Strategi Media Sosial E-commerce Bukalapak”. 27 Mei 2018. https://www.google.co.id/amp/s/blog.gdilab.com/strategi-media-sosial-e-commerce-bukalapak/amp/
·         Silviando, Silvio. “Analisis Web E-commerce Bukalapak”. 27 Mei 2018. https://silviosilviando.wordpress.com/2016/12/03/analisis-web-e-commerce-bukalapak/

Komentar

  1. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!!

    Kesaksian: Merpati Darma
    Alamat: Kota Depok di Indonesia
    BRI- Rp350.000.000 juta
    merpatidarma@gmail.com

    LENDER: RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    Situs web: https://rikaandersonloancompany.com
    support@rikaandersonloancompany.com
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com

    WhatsApp: +1(929)526-0086.
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Kantor Pelanggan Whatsapp +1(929)526-0086
    WA: +6285854125084

    Nama saya Merpati Darma, dari kota depok di indonesia, saya seorang muslim yang taat, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya dan sekali lagi mengingatkan semua orang disini yang hanya ingin mengajukan pinjaman untuk menghubungi Ibu RIKA ANDERSON, seorang permata langka dan ibu yang baik hati yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan ketika saya mengajukan pinjaman ke RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, karena dia meminjamkan saya pinjaman saya sebesar Rp350 juta dan hidup saya serta seluruh kehidupan keluarga saya telah berubah secara finansial.

    Saya sekarang mempunyai usaha sendiri di kota, melunasi hutang saya, keluarga saya bahagia dan anak-anak saya di sekolah yang baik, beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kesulitan keuangan dan karena kebutuhan saya yang mendesak untuk mendapatkan pinjaman, saya tertipu oleh perusahaan pinjaman.

    Saya kehilangan harapan sampai hari yang setia ini saya mengecek blog pinjaman dan saya menemukan kesaksian murah hati dari ibu Sharifah Isfahann melalui email sharifahisfahann54@gmail.com PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON dan saya memutuskan untuk menghubungi ibu Rika Anderson melalui email untuk pinjaman dan setelah mengikuti polis perusahaan saya juga menghubungi Farah Agungs di email farahagungs@gmail.com, pinjaman saya disetujui dan diproses dengan baik dan dalam waktu kurang dari 2 jam saya menerima Rp350 juta di rekening bank saya.

    Maka saya mendorong rekan-rekan Indonesia dan Asia yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.

    BalasHapus
  2. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali ( mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Halo semuanya.
    Nama saya Ayu Annisa Sudaryanti dari Jln Mampang Prapatan I Rt.6/6 Jaksel, Jakarta. Saya melihat komentar dari orang-orang yang sudah mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman Rika Anderson di facebook dan blog
    .

    Saya memutuskan untuk mendaftar di bawah rekomendasi dan kesaksian mereka dari Ibu Nazeaf shehu dari Badung dan tinggal di Jakarta email: ameliahariyah1@gmail.com dan LEONY DORA dari Surabaya email: nyratyy@gmail.com hanya beberapa jam kemudian, saya mengkonfirmasi pinjaman pribadi saya di saya Rekening MAYBANK dengan jumlah total Rp650.000.000 yang saya minta.

    Ini adalah berita yang sangat bagus sekarang saya dapat membayar hutang saya, berinvestasi di peternakan saya dan biaya sekolah anak-anak saya. Saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman asli tanpa takut untuk mengajukan melalui mereka

    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086
    WA saya: +6285854125084

    Saya senang sekarang karena saya telah mendapatkan pinjaman yang saya minta. Saya berjanji ibu Rika juga membawa pelanggan serius yang membutuhkan pinjaman sehingga mereka bisa bahagia.

    Anda juga dapat menghubungi untuk informasi lebih lanjut di
    email: yuuu.annisa@gmail.com
    Negara: Indonesia
    Kota: Jakarta
    Jumlah: Rp650 Juta

    BalasHapus
  4. Nama saya ny. Margaretha Asmara, dari Desa Sungai Bulan RT014/RW08 Sungai Raya Sungai Bulan, Ambon di Indonesia, Saya seorang Muslim yang taat, saya ingin menggunakan media untuk mengingatkan semua orang untuk mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan penipu karena mereka ada di mana-mana.

    Pemberi kesaksian: Margaretha Asmara
    dari Ambon di Indonesia
    Jumlah Pinjaman A: $40,000
    REKENING BCA
    margarethaasmaran@gmail.com
    Whatsapp saya: +6285964126496

    Bulan lalu, saya menderita kerugian finansial, dan karena kebutuhan saya akan modal usaha, putus asa dan kemiskinan, saya ditipu oleh rentenir online palsu. Saya tidak menyerah dan teman saya Zulaikha Yugesh melalui email zulaikhayugesh@gmail.com dan Elok Cahyono dengan email elokycahyono@gmail.com yang memberi tahu saya bagaimana mereka melihat kesaksian online tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON asli dan merujuk saya ke kreditur bernama Ibu RIKA ANDERSON LOAN COMPANY yang meminjamkan saya pinjaman sebesar $40,000 dalam waktu 2 jam setelah perusahaan pinjaman meminta data dan foto ktp saya dan tanpa penundaan. .

    Setelah 2 jam saya mengkonfirmasinya dari rekening bank BCA saya dan petugas mengkonfirmasi pinjaman saya 2 jam setelah saya mendaftar.
    Saya mendorong rekan-rekan warga yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dan menghubungi Ibu Rika Anderson melalui email:

    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.com
    Email: support@rikaandersonloancompany.com
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Whatsapp: +1(929)526-0086

    BalasHapus
  5. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  6. Kabar baik!!!

    Nama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
    pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.

    Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Email saya: teddydouble334@yahoo.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah E-Commerce Tokopedia Kelompok 1